Batik Kudus Tampil dalam Pameran Karya Kreatif Indonesia 2023

Spread the love

Jakarta, Bank Indonesia (BI) menggelar pameran Karya Kreatif Indonesia menampilkan 1.000 pelaku binaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jakarta Convention Center 27-30 Juli 2023.

“KKI 2023 dengan tema ‘Badarau Nusantara’ menampilkan 1.000 UMKM yang telah berhasil naik kelas, go global, dan go digital”.

KKI 2023 juga menyelenggarakan kegiatan Pesona Kriya Nusantara yang menampilkan 45 UMKM kopi binaan.

Tak ketinggalan pula batik Kudus dengan Brand Alfa Shoofa tampil dalam mengikuti pameran KKI 2023 dengan menampilkan corak yang khas.

Batik Kudus Alfa Shoofa didirikan tahun 2008 sampai sekarang. Pengembangannya juga dengan batik kontemporer tidak hanya batik klasik supaya anak anak muda bisa ikut memakai, ungkap Pemilik Brand Alfa Shoofa Ummu Asiyati kepada awak media di sela sela acara pameran KKI, Kamis (27/7/23).

Batik Kudus adalah batik tulis dikenal lebih halus dengan coraknya yang rumit rumit. Dikerjakan bahkan ada sampai 5 bulan dan harga sedikit lebih tinggi dari batik lainnya. Dikerjakan pakai canting now. Harga berkisar dari 750.000 – 20 juta, sambung Ummu.

Di Kudus tidak seperti kota kota lain tidak gampang mencari pembatik.
Membina anak-anak dari tidak tau apa apa dengan cara mengajari menyanting bahkan yang halus halus tapi dengan honor yang lebih tinggi karena disini banyak pabrik. Anak anak di Kudus lebih banyak memilih bekerja di pabrik yang dianggap bekerjanya lebih simpel.

Saya tetap berusaha membuat batik Kudus dan melestarikan batik Kudus.
Kepinginnya batik Kudus bisa dikenal dan bisa muncul kembali karena sebelumnya sempat hilang dipasaran karena tidak ada yang membuat, tutup Ummu.