ROMBONGAN PEMAIN, SUTRADARA, DAN PRODUSER FILM BUDI PEKERTI HADIR DI OPENING NIGHT TORONTO INTERNATIONAL FILM FESTIVAL 2023

Spread the love

 

Toronto, 9 September 2023 – Setelah menempuh perjalanan udara selama 26 jam, para pemain dan pembuat film Budi Pekerti akhirnya mendarat di Toronto Pearson International Airport, Kanada pada Kamis siang, 7 September waktu setempat untuk hadir di Toronto International Film Festival (TIFF) 2023. Selepas istirahat sebentar, rombongan yang terdiri dari para pemain, yakni Sha Ine Febriyanti, Prilly Latuconsina, Dwi Sasono; serta sutradara Wregas Bhanuteja, produser Ridla An-Nuur dan Nurita Anandia, dan produser eksekutif Iman Usman ini langsung menghadiri acara Opening Night Toronto International Film Festival di Roy Thomson Hall, Toronto. 

Tak hanya itu, Prilly Latuconsina juga mendapat kesempatan langka untuk berjalan di atas Red Carpet yang digelar festival film internasional berusia 48 tahun ini. Setelah rangkaian seremoni tersebut, rombongan Budi Pekerti juga bersama-sama menonton film teranyar produksi Studio Ghibli, yakni The Boy and the Heron, karya sutradara auteur legendaris Jepang Hayao Miyazaki. Film animasi ini menjadi film pembuka bagi Toronto International Film Festival. Adapun festival ini sendiri akan berlangsung hingga 17 September 2023.

“Saya merasa senang, terhormat, dan juga bangga karena bisa mewakili film Budi Pekerti dengan berjalan di atas red carpet di acara Opening Night Toronto International Film Festival ini. Kami harap kehadiran rombongan pemain, sutradara, dan produser film Budi Pekerti bisa ikut mengenalkan film ini kepada audiens TIFF. Semoga para audiens film, baik dari kalangan masyarakat umum maupun industri, yang hadir selama di TIFF ini juga bisa menikmati suguhan cerita dalam Budi Pekerti sekaligus mengenali lebih dekat tentang Indonesia,” ujar Prilly. 

 

Para rombongan juga dijadwalkan akan hadir dalam World Premiere film Budi Pekerti di TIFF yang dihelat pada 9 September 2023 pukul 09.05 malam waktu setempat. Film Budi Pekerti kembali akan diputar untuk publik di TIFF pada 10 September 2023 pukul 12.15 siang di Scotiabank 10. Sementara khusus untuk kalangan pers dan industri film, Budi Pekerti akan ditayangkan di TIFF pada 10 September 2023 pukul 09.05 pagi di Scotiabank 8 dan 13 September 2023 pukul 12.15 siang di Scotiabank 10. 

 

Dalam Toronto International Film Festival ini, film Budi Pekerti (judul internasional: Andragogy) masuk dalam program Discovery, yakni program yang khusus memperkenalkan dan mengapresiasi karya pertama atau kedua dari para sutradara visioner terkenal. Sebut saja Christopher Nolan, Yorgos Lanthimos, Warwick Thornton, Joachim Trier, hingga David Gordon Green. Tahun ini, program Discovery menampilkan 26 film dari 25 negara, termasuk film Budi Pekerti

 

Film Budi Pekerti yang bergenre drama ini merupakan film cerita panjang kedua yang ditulis dan disutradarai Wregas Bhanuteja dan diproduksi oleh Rekata Studio bekerja sama dengan Kaninga Pictures dan didukung oleh KG Media, Hwallywood, Momo Films, dan Masih Belajar. 

 

Berlatar kota Yogyakarta di masa pandemi, film Budi Pekerti berkisah tentang Bu Prani, seorang guru BK yang video perselisihannya dengan pengunjung pasar menjadi viral di media sosial. Akibat tindakannya yang dinilai tidak mencerminkan pribadi seorang guru, ia dan keluarganya mendapat perundungan, dicari-cari kesalahan lainnya hingga terancam kehilangan pekerjaan.

 

Sebelum keberangkatan rombongan pemain dan pembuat film Budi Pekerti ke TIFF, teaser trailer film ini pun sudah diluncurkan lewat media sosial dan kanal YouTube Rekata Studio. Teaser trailer dibuka dengan adegan Bu Prani (Sha Ine Febriyanti) dan anak bungsunya Muklas (Angga Yunanda) yang mempersiapkan diri di depan kamera telepon genggam untuk diabadikan oleh anak sulungnya, Tita (Prilly Latuconsina). Lalu muncul Pak Didit (Dwi Sasono), suami Bu Prani, yang mengalami depresi. Sosok Gora (Omara Esteghlal), alumni dari sekolah tempat Bu Prani mengajar, serta Tunas (Ari Lesmana), seorang pemimpin redaksi sebuah kantor berita, semakin menambah rasa penasaran penonton untuk mengetahui lebih lanjut kisah dalam film Budi Pekerti

Setelah tayang di Toronto International Film Festival, film Budi Pekerti bakal menyapa penontonnya di bioskop-bioskop tanah air. Pantau terus akun media sosial film Budi Pekerti dan Rekata Studio, atau hubungi Tim Publisis Film Budi Pekerti untuk informasi terkini.