Batik Khas Banyuwangi Dengan Warna Alam Tampil Dalam KKI 2023

Spread the love

Jakarta, Bank Indonesia (BI) kembali menyelenggarakan Karya Kreatif Indonesia (KKI) pada 27-30 Juli 2023 di Hall B, JCC, Senayan, Jakarta. Kegiatan ini sebagai upaya mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia naik kelas.

KKI yang telah diselenggarakan sejak 2016 menjadi panggung bersama untuk mendorong sinergi dan kolaborasi antara stake­holders dan UMKM Indonesia.

“Kegiatan ini juga menjadi sa­rana memperkenalkan inisiatif, tren dan teknologi baru untuk mendorong UMKM Indonesia naik kelas.”

Tahun ini, KKI bertema Bada­rau Nusantara akan menampil­kan 1.000 UMKM yang telah berhasil naik kelas. Seluruh UMKM ini adalah mitra dari BI dan 6 kementerian. Yaitu, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Ke­menterian BUMN, Kementerian Koperasi dan UKM, Kemen­terian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Dekranas.

Sementara itu dari Banyuwangi tampil batik warna alam dan ada beberapa batik tulis khas Banyuwangi. Ada juga motif Gajah Oling. Bahan alam utamanya dari kulit kelapa dan daun ketepeng, ungkap owner Godho Batik Rizky Esa Erfi Rahmadhani dalam acara pameran KKI, Kamis (27/7/23).

Rizky melanjutkan pangsa pasar Batik Banyuwangi saat ini Indonesia. Untuk ekspor biasa tamu yang langsung belanja sendiri (by carrier). Dalam sebulan produksi batik warna alam bisa10 potong. Kalau yang cetak bisa 100 potong. Warna alam dalam satu kain bisa sampai 30 kali pencelupan prosesnya agak lama dengan harga berkisar dari 300 ribu – 2 juta, tambahnya.

KKI ini kegiatan sangat bagus, berskala besar. Semoga rutin setiap tahun diadakan serta pembeli yang lebih banyak lagi pungkas Rizky.