Jaga Netralitas TNI Menjelang Pemilu 2024

Spread the love

TNI AL, Bengkulu,- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu melaksanakan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih awal bulan Juni 2023, bertindak sebagai Inspektur Upacara Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana A.S, Komandan Upacara Kapten Laut (T) Sugiarto dan Perwira Upacara Letda laut (S) Sigit Adi Sulistyo, bertempat di Lapangan Apel Mako Lanal Bengkulu, Senin (05/06/3023).

Dalam amanatnya, Danlanal Bengkulu mengatakan sesuai Penekanan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, bahwa netralitas TNI harus dipegang teguh dalam rangkaian Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hal ini untuk menjaga kepercayaan masyarakat bahwa prajurit TNI tidak terlibat dalam politik praktis.

Danlanal Bengkulu menjelaskan bahwa “Nilai-nilai netralitas tersebut harus selalu tertanam disetiap Prajurit Lanal Bengkulu secara berkelanjutan, termasuk di lingkungan instansi TNI-POLRI yang lain. Karena kualitas demokrasi akan terganggu jika TNI dan Polri tidak netral karena terdapat kepentingan dengan partai politik tertentu dalam Pemilu,” tegasnya.

Danlanal Bengkulu juga menegaskan bahwa “Kualitas demokrasi ditentukan oleh peran masyarakat dalam penggunaan hak demokrasinya dengan bebas dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, diperlukan sinergisitas yang baik dan solid antara Lanal bengkulu dengan berbagai instansi samping TNI-POLRI termasuk Pemda dalam menjaga stabilitas politik, hukum, dan keamanan untuk menyukseskan Pemilu 2024 di Provinsi Bengkulu,” tutup Danlanal Bengkulu.

(Pen Lanal Bengkulu)