Gerak Cepat, Lanal Dumai Beserta Jajaran Laksanakan SAR Kapal Tenggelam Di Perairan Teluk Pinang Kuala Gaung Kabupaten Inhil Riau

Spread the love

TNI AL, Lanal Dumai,- Gerak cepat, Pangkalan TNI Angkatan Laut Dumai melalui Pos Angkatan Laut (Posal) Tanjung Datuk dalam melaksanakan SAR (Search And Rescue) laka laut 1 (satu) unit kapal pompong nelayan yang tenggelam di Perairan Teluk Pinang, Kecamatan Kuala Gaung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) pada titik kooordinat 0,1460530 N-103,4100 E, Selasa (02/05/2023).

Komandan Lanal Dumai melalui PgS. Komandan Posal TNI AL (Posal) Tanjung Datuk Tembilahan Letda Laut (P) Arisman mengatakan bahwa kapal yang tenggelam adalah kapal pompong tanpa nama, bermuatan 5 orang yang berangkat dari Teluk Pinang menuju Kuala Gaung Anak Serka untuk mencari pucuk pohon Nipa.

Pada saat kapal selesai mencari pucuk nipah dan bergerak menuju Teluk Pinang untuk kembali pulang, dikarenakan gelombang air sungai yang sangat kuat menyebabkan kapal tersebut oleng tidak bisa dikendalikan yang mengakibatkan kapal terbalik dan tenggelam.

Setelah memperoleh informasi tersebut, Danposal Tanjung Datuk memerintahkan anggota Posal Tanjung Datuk Kld Bah Eldi berserta 3 personel lainnya menuju ke lokasi menggunakan boat masyarakat untuk melaksanakan SAR.

Hasil Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Posal Tanjung Datuk, KPLP Tembilahan dan masyarakat yaitu 3 (tiga) orang sudah ditemukan dengan selamat atas nama Hudri (Teluk Pinang), Burhan (Teluk Pinang), Rudy (Teluk Pinang) sedangkan 2 (dua) orang lainnya masih belum ditemukan atas nama Murniati (Teluk Pinang) dan Iyang (Teluk Pinang).

(Pen Lanal Dumai)