Jabatan Komandan Kodiklatau Diserahterimakan

Spread the love

(Pen Kodiklatau). Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. melantik pejabat baru Komandan Kodiklatau dari pejabat lama Marsdya TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M. kepada Marsda TNI Nanang Santoso melalui upacara militer, bertempat di lapangan Apel Makodiklatau, Senin(31/1/2022).

Serah terima jabatan ini sebagai tindak lanjut dari keputusan Panglima TNI Nomor Kep/66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Pejabat lama Marsdya TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M. selanjutnya akan memasuki masa purna tugas dan Marsda TNI Nanang Santoso sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU).

Pada upacara yang sama juga dilangsungkan prosesi serah terima jabatan Ketua PIA Ardhya Garini Gabungan II Kodiklatau dari Ny. Irene Tatang Harlyansyah kepada Ny. Lusi Nanang Santoso dan disaksikan oleh Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo.

Prosesi acara serah terima jabatan ini berlangsung hikmat, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, prosesi serah terima jabatan dengan penanggalan tanda jabatan dan penyerahan tongkat komando dilanjutkan penandatanganan berita acara serah terima jabatan.

Dalam amanatnya Kasau menyampaikan “Di tengah perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin modern serta kondisi lingkungan global yang semakin
dinamis, TNI Angkatan Udara dihadapkan
dengan tantangan masa depan yang tidak
semakin ringan dan pesatnya perkembangan teknologi disruptif, TNI Angkatan Udara juga dituntut untuk mampu meng-implementasi-kan pendidikan dan
latihan yang tepat bagi sumber daya manusia yang dimilikinya”.

“Kodiklatau memegang peranan yang sangat penting dalam pembangunan dan pengembangan kualitas personel di seluruh tingkat kedinasan yang bermuara pada transformasi TNI Angkatan
Udara menjadi Angkatan Udara yang diseganidi kawasan,” tegas Kasau.
Lebih lanjut disampaikan bahwa Kodiklatau sebagai “center of
excellence” TNI Angkatan Udara sehingga Kodiklatau menjadi gerbang awal
profesionalisme pendidikan TNI Angkatan
Udara.

Turut hadir mengikuti upacara ini, Wakasau Marsdya TNI A. Gustaf Brugman, M.Si (Han), Pangkoopsudnas, Irjenau, Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau, Pangkoopsud I, Dankoharmatau, Dankopasgat, Danseskoau, dan para pejabat TNI AU lainnya serta mantan Komandan Kodiklatau.

Kasau juga menyampaikan ucapan terima kasih, penghargaan dan apresiasinya kepada Marsekal Madya TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M. yang telah melaksanakan tugas selaku Dankodiklatau dengan baik. “Selama sekitar dua tahun terakhir Marsekal Madya TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M. telah berhasil memimpin Kodiklatau dan melaksanakan tugas-tugas yang diamanahkan tersebut, dengan sangat baik dan sangat membanggakan,” ujar Kasau.

Kepada Marsekal Muda TNI Nanang Santoso, Kasau menyampaikan ucapan selamat atas jabatan baru sebagai Dankodiklatau, dengan harapan untuk segera menyesuaikan diri pada lingkup tugas yang baru. Laksanakan amanah ini dengan segenap kemampuan dan penuh kehormatan.