Maksimalkan Keamanan Saat Kunjungan Wakil Presiden RI di Wilayah Aceh, Komandan Lanal Sabang Ikuti Apel Gelar Pasukan PAM VVIP

Spread the love

TNI AL, Sabang,- Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Gita Muharram, M.Sc., mengikuti Apel gelar Pasukan Pengamanan VVIP di Wilayah Aceh, Banda Aceh, dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunker) Wakil Presiden RI, bertempat di Lapangan Blang Padang, Kampung Baru, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Selasa (28/05/2024).

Pangdam Iskandar Muda Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal, M.Tr. Han., sebagai Inspektur Upacara menyampaikan untuk Apel Gelar Pasukan yang akan kita laksanakan ini adalah sebagai bentuk pengecekan kesiapan satuan-satuan yang terlibat di wilayah Kodam Iskandar Muda yang bersifat integrasi antara TNI, Polri dan Pemda guna pengamanan kunjungan kerja Wakil presiden Republik Indonesia K.H. Maruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Mar’uf Amin ke Provinsi Aceh.

“Saya sampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas pengamanan. Pertama, Laksanakan pengamanan VVIP sesuai dengan ketentuan UU RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, khususnya pengamanan Presiden dan Wakil Presiden beserta keluarganya. Kedua,
Pedomani komando pengendalian operasi dengan baik, lakukan sesuai prosedur tetap ditiap sektor dan bagian masing-masing secara konsisten dan bertanggung jawab, serta lakukan pengecekan secara terus menerus dan pastikan bahwa semua bagian memahami akan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Ketiga, Tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan yang tinggi dalam mengantisipasi setiap perkembangan situasi yang berpotensi mengganggu stabilitas keamanan. Keempat, Tingkatkan koordinasi secara optimal agar tercipta sinergitas yang solid sehingga semua kegiatan dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar,” ujar Pangdam Iskandar Muda.

Kegiatan Komandan Lanal Sabang mengikuti Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP tersebut selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali yaitu menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kinerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Apel Gelar Pasukan dihadiri oleh Kapolda Aceh, Kasdam IM, Kabinda Aceh, Irdam IM, Komandan Lanal Sabang, Danlanud SIM dan sejumlah Pejabat TNI/Polri Wilayah Aceh, serta sejumlah undangan lainnya.

(Pen Lanal Sabang)