DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI RAKOR RENAKU I TNI ANGKATAN LAUT TAHUN 2024

Spread the love

TNI AL–Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri Rapat Koordinasi Perencanaan Anggaran dan Keuangan (Rakor Renaku) I tahun 2024 yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. dan dihadiri Wakasal Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc., bertempat di Auditorium Yos Sudarso Denma Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (29/05/2024).

Kasal dalam sambutannya mengatakan “Tahun 2025 merupakan tahun pertama dari Rencana Strategis (Renstra) tahun 2025 s.d. 2029 dan merupakan Renstra permulaan dari tahapan Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2025 s.d. 2045. Saat ini kita juga dihadapkan pada tantangan lain yaitu penyusunan postur kekuatan TNI Angkatan Laut 2025 s.d. 2044 yang sejalan dengan rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2025 s.d. 2045. Di samping itu pemerintah merumuskan tahun 2025 sebagai tahun Indonesia Emas, di mana tahun 2025 tepat berusia seratus tahun bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan bonus demografi usia produktif 70%. Visi Indonesia Emas 2045 yakni sebagai Negara Nusantara Berdaulat Maju dan Berkelanjutan. Visi tersebut menyiratkan tataran besar sebagai harapan untuk mewujudkan cita-cita kita membangun kekuatan TNI Angkatan Laut yang berdaya gentar tinggi serta disegani baik regional maupun internasional. Untuk itu, saya berharap perencanaan tahun 2025 ini akan menjadi sangat strategis untuk meletakkan dasar-dasar transformasi yang kuat dan bahkan menjadi basis untuk tingkat pertumbuhan pada tahapan berikutnya sekaligus menjadi window of opportunity sebelum kita melangkah pada pembangunan postur kekuatan TNI Angkatan Laut 2025 s.d. 2044 guna mendukung visi Indonesia Emas 2045”.

Selanjutnya Kasal menjelaskan “Kata-kata dari visi Indonesia Emas yaitu Negara Nusantara harus disosialisasikan sebagai lanjutan dari Poros Maritim Dunia. Visi Nusantara ini adalah visi laut atau visi kemaritiman yang lebih kuat. Penyusunan Rencana Kerja TNI Angkatan Laut tahun 2025 diarahkan untuk mendukung program prioritas yang ditetapkan dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2025 yang mengusung tema Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan. Dalam RKP tahun 2025 tersebut anggaran negara akan difokuskan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan kualitas infrastruktur serta ekonomi inklusif dan berkelanjutan dengan menciptakan lapangan kerja yang berkualitas, menurunkan ketimpangan, dan menciptakan produk yang ramah lingkungan. Berkaitan dengan tema tersebut, forum Rakor Renaku I TNI Angkatan Laut tahun 2024 harus benar-benar dimaksimalkan sebagai media sinkronisasi bagi seluruh jajaran TNI Angkatan Laut untuk merencanakan program kerja beserta dukungan anggaran yang akan dilaksanakan pada tahun 2025 secara sinergis dan tepat sasaran”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)