DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI TAKLIMAT AWAL AUDIT KINERJA ITJENAL TA 2024 DI LANTAMAL III JAKARTA DAN LANAL JAJARAN

Spread the love

TNI AL–Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri taklimat awal audit kinerja Inspektorat Jenderal Angkatan Laut (Itjenal) TA 2024 di Lantamal III Jakarta dan Lanal jajaran yang dibuka oleh Inspektur Operasi dan Latihan (Iropslat) Itjenal Laksma TNI Nursyawal Embun, M.Tr.Opsla. selaku Pengendali Teknis mewakili Irjenal Laksda TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP., C.Fr.A. selaku Penanggung Jawab bertempat di ruang rapat besar Mako Lantamal III Jakarta Jl. Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Senin (20/05/2024).

Danlantamal III dalam sambutannya mengatakan “Kegiatan audit kinerja merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari fungsi pengendalian manajemen yang semakin baik. Fungsi ini menjadi program evaluasi guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas organisasi dalam mewujudkan sasaran yang telah ditetapkan. Melalui kegiatan ini kita dapat mengetahui bahwa seluruh kegiatan yang dilaksanakan telah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Saya berharap bahwa hasil audit kinerja ini nantinya akan dapat meningkatkan kinerja Mako Lantamal III Jakarta dan Lanal jajaran di masa mendatang, sehingga kegiatan program kerja dan anggaran dapat tercapai sesuai sasaran yang telah ditetapkan. Guna lancarnya kegiatan ini, saya perintahkan kepada seluruh kewasgiatan dan Kepala Satuan Kerja (Kasatker) dan Lanal jajaran terutama yang terkait untuk menyiapkan dokumen dan data-data yang dibutuhkan oleh Tim Audit Itjenal selama melaksanakan tugasnya. Saya berharap dalam pelaksanaan audit kinerja ini dapat tercipta suasana keterbukaan dan komunikasi dialogis sehingga diperoleh informasi dan masukan yang objektif untuk mendukung keberhasilan tugas Tim Audit Itjenal dan peningkatan keberhasilan tugas-tugas kita di masa mendatang”.

Irjenal dalam sambutannya yang dibacakan Iropslat Itjenal mengatakan “Audit kinerja merupakan audit atas pengelolaan keuangan negara dan pelaksanaan tugas serta fungsi instansi pemerintah yang terdiri atas aspek efisiensi dan efektifitas. Kegiatan audit kinerja Itjenal TA 2024 dilaksanakan berdasarkan program kerja pengawasan tahunan dengan jadwal pelaksanaan audit dimulai tanggal 20 Mei s.d. 6 Juni 2024. Tujuan dari audit kinerja di Lantamal III Jakarta adalah untuk menilai efektifitas dan efisiensi penyelenggaraan program kerja dan anggaran (Prokera) yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan guna memberikan keyakinan yang memadai sehingga tugas pokok entitas dapat terlaksana sesuai prinsip ketertiban, kepatuhan, efektif, efisien dan ekonomis. Diharapkan Satker Lantamal III Jakarta dan Lanal jajaran dapat memanfaatkan kegiatan audit kinerja sebagai sarana untuk melakukan konsultasi dua arah dalam rangka menngkatkan kualitas kinerja dan mewujudkan tata kelola organisasi yang baik dan bersih”.

Selanjutnya Irjenal menjelaskan “Keberhasilan dalam pelaksanaan audit kinerja sangat bergantung adanya kerja sama dan dukungan dari Satker baik dalam penyajian kelengkapan dokumen maupun keterbukaan informasi. Oleh karena itu, seluruh staf Lantamal III Jakarta dan Lanal jajaran agar membantu memberikan data, informasi serta penjelasan sesuai dengan yang dibutuhkan Auditor, sehingga hasil audit dapat memberikan rekomendasi yang tepat dan pemanfaatan waktu lebih efektif. Dukung dan pertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap laporan keuangan Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI dan TNI dengan meningkatkan pengelolaan anggaran yang baik dan benar sehingga diperoleh output dan outcome yang tepat”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)