Dorong Penurunan Angka Stunting di Kota Lhokseumawe, Lanal Lhokseumawe Launching Ayah/Bunda Asuh Anak Stunting di Wilayah Pesisir Pusong Lama dan Serahkan Tali Asih

Spread the love

TNI AL, Aceh Utara,- Guna mendorong penurunan angka stunting di Kota Lhokseumawe, Danlanal Lhokseumawe didampingi Ketua Cabang 6 Korcab I DJA I memimpin Launching Ayah/Bunda Asuh Anak Stunting di Wilayah Pesisir Pusong Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. Kegiatan yang dilaksanakan berupa pemberian paket nutrisi bahan makanan bergizi kepada 10 anak yang terdampak stunting, bertempat di Meunasah Pusong Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Rabu (20/3/2024).

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis sehingga pertumbuhan anak terlalu pendek untuk seusianya. Kekurangan gizi ini terjadi sejak bayi dalam kandungan, pada masa awal bayi lahir, akan tetapi kondisi stunting akan terlihat setelah bayi berusia dua tahun.

Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto menyampaikan bahwa Lanal Lhokseumawe berpartisipasi dalam pengasuhan Anak Stunting guna mendukung Program Pemerintah dalam penanganan Anak Stunting di Indonesia.

Adapun jumlah Anak Asuh dalam kegiatan tersebut sesuai dengan jumlah data dari Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Lhokseumawe sebanyak 10 anak. Hal ini merupakan kegiatan mulia yang harus diemban dan dilaksanakan dalam penanganan stunting pada anak di Kota Lhokseumawe khususnya di Wilayah Kecamatan Banda Sakti sehingga diharapkan dapat mengalami angka penurunan yang signifikan.

Danlanal Lhokseumawe selaku Ayah Asuh Anak Stunting Wilayah Kecamatan Banda Sakti mengharapkan kita bekerja bersama-sama dengan memberikan kepedulian dan bantuan asupan gizi seimbang kepada anak penderita stunting agar penanganan stunting di wilayah Banda Sakti dapat terlaksana dengan baik.

“Program ini adalah gerakan bersama untuk mempercepat penurunan stunting yang akan menyasar langsung keluarga beresiko stunting yang ada di Lhokseumawe sehingga lebih efektif dan efisien, dengan harapan dapat menjadikan Kota Lhokseumawe yang sehat dan bebas dari stunting,” ujar Danlanal Lhokseumawe.

Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan sosialisasi tentang imunisasi dasar lengkap dari Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Lhokseumawe, dilanjutkan dengan penyerahan tali asih secara simbolis kepada perwakilan keluarga anak terdampak stunting.

Hadir dalam kegiatan, Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) Andi Susanto, Palaksa Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (H) R. Johan Edy Syahputra, S.H., Ketua Jalasenastri Cabang 6 Korcab I DJA I Ny. Yuanita Andi Susanto beserta Pengurus, Sekretaris Dinas Kesehatan dan DP3AP2KB, Kepala Puskesmas Mon Geudong, Keuchik Balohan, Para Perwira, Bintara,Tamtama, dan PNS Lanal Lhokseumawe, serta Tamu Undangan.

(Pen Lanal Lhokseumawe)