Kepala Bakamla RI Bahas Keamanan Laut Bersama KBRI Washington DC

Spread the love

Washington DC, 9 Maret 2024 (Bakamla RI/Indonesian Coast Guard) — Masih dalam rangkaian kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS), Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., menyempatkan diri untuk berkunjung ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington DC, Sabtu (9/3/2024).

Pada kesempatan itu, Kepala Bakamla RI disambut oleh Charge d’Affaire (CDA) Kedutaan Besar Indonesia untuk AS Ida Bagus Made Bimantara, dan Atase Pertahanan (Athan) RI Marsma TNI Edwardus Wisoko Aribowo, beserta jajaran.

CDA KBRI menyampaikan bahwa kerja sama kedua negara telah terjalin dengan baik, termasuk dalam bidang pertahanan dan lebih khusus lagi di bidang keamanan laut. Peran Bakamla RI dalam kapasitasnya sebagai Indonesian Coast Guard, saat ini telah bermitra secara positif dengan United States Coast Guard (USCG), dan akan semakin menguat lagi di masa mendatang.

Indikasi terkait hal tersebut ditunjukkan dalam Joint Statement pertemuan Presiden RI Joko Widodo dan Presiden AS Joe Biden pada Tahun 2023 lalu, di mana penguatan kerja sama keamanan laut dan kaitannya dengan Bakamla RI menjadi salah satu poin penting.

Lebih lanjut, Kepala Bakamla RI juga menyampaikan bahwa Bakamla RI akan senantiasa bekerja keras dalam mengemban tugas dan kewajiban untuk mewujudkan keamanan dan keselamatan laut, tidak saja bagi Indonesia, namun untuk seluruh bangsa. Mengingat laut merupakan warisan bersama seluruh umat manusia. (Humas Bakamla RI)

Autentikasi: Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd.
Foto-foto: Humas Bakamla RI