KASAL Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Pangkoarmada RI

Spread the love

Jakarta, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. memimpin upacara pengambilan sumpah dan penandatangan pakta integritas serta Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) dari Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. kepada Laksamana Madya TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP. di Lapangan Arafuru, Mako Koarmada RI, Jumat (08/03/24).

Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI) merupakan Kotama Operasi yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI, serta sebagai Kotama Pembinaan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kasal.

Koarmada RI dalam melaksanakan tugas dan fungsinya tersebut, membawahi tiga Koarmada bernomor, yaitu Komando Armada | berada di Tanjung Pinang Kepulauan Riau, Komando Armada II berada di Surabaya Jawa Timur dan Komando Armada III berada di Sorong Papua Barat.

Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. merupakan putra kelahiran 31 Maret 1966 Magelang Jawa Tengah ini, adalah lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1988 atau Angkatan ke-34, yang akan memasuki masa pensiun. Sedangkan Laksamana Madya TNI Dr. Denih Hendrata, S.E., M.M., CHRMP. putra kelahiran 4 Agustus 1967 Tasikmalaya, Jawa Barat, lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1989 atau Angkatan ke-35, yang sebelumnya menjabat Panglima
Komando Armada II (Pangkoarmada II).

Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla dalam amanatnya menyampaikan Koarmada RI adalah kekuatan inti angkatan laut. Oleh sebab itu Komando Armada RI mengemban tugas, peran dan fungsi yang sangat penting untuk pertahanan laut Indonesia.

Pembangunan dan pengembangan kekuatan merupakan hal yang sangat komplek karena tidak hanya sebatas modernisasi alutsista saja tetapi mencakup pula sarana prasarana pendukung fasilitas pemeliharaan dan perbaikan. Serta yang lebih utama kesiapan sumber daya manusia yang unggul dan profesional.

Regenerasi kepemimpinan di lingkungan TNI AL harus terus berjalan sebagai salah satu bentuk dinamika pembinaan organisasi dalam lingkungan TNI dan lingkungan TNI AL. Jabatan panglima Koarmada RI memiliki nilai yang sangat strategis. Capaian dan prestasi yang telah ditunjukkan Koarmada RI dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai kebijakan pemimpin dan telah memperlihatkan hasil yang membanggakan.

Diakhir amanatnya KASAL kembali menegaskan bahwa Armada RI selalu siap mengamankan kepentingan bangsa dan negara. Tidak boleh ada satupun negara di dunia memaksakan kehendaknya dan mengganggu kepentingan kita, tutupnya.