Pangkoarmada RI Pimpin Sertijab Askomlek Pangkoarmada RI

Spread the love

TNI Angkatan Laut, Koarmada RI, Jakarta 27 Februari 2024

Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Komunikasi dan Elektronika (Askomlek) Pangkoarmada RI, Penyerahan Jabatan Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Mako Koarmada RI dan Pengukuhan Kepala Dinas Hukum (Kadiskum) Koarmada RI, bertempat di Lounge Matjan Kumbang, Koarmada RI, Jakarta, Selasa 27 Februari 2024.

Jabatan Askomlek Pangkoarmada RI diserahterimakan dari Laksamana Pertama TNI Tunggul, M.Han. kepada Laksamana Pertama TNI Ilham Army Ritonga, S.H., yang sebelumnya menjabat Paban IV Hublu Kersin Sintelal. Sementara Laksamana Pertama TNI Tunggul, M.Han. selanjutnya mengikuti Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXVI di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI.

Pada kesempatan ini, juga dilaksanakan penyerahan jabatan Komandan Denma Mako Koarmada RI Kolonel Marinir Purwanto Hadi Saputro, S H. kepada Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto. Sementara Kolonel Marinir Purwanto Hadi Saputro, S.H. akan melaksanakan PPRA LXVI Lemhannas. Selain itu, juga dilaksanakan Pengukuhan jabatan Kadiskum Koarmada RI kepada Kolonel Laut (H) Fenny Akwan, S.H., M.H., yang sebelumnya menjabat di Bidang Pengembangan Penegakan Hukum Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas).

Prosesi upacara Sertijab diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin Pangkoarmada RI, serta pelepasan dan penyematan tanda jabatan. Selesai upacara sertijab, kegiatan dilanjutkan dengan ramah tamah, yang pelaksanaannya dihadiri oleh Ketua Gabungan Jalasenastri Armada RI Ny. Yayuk Heru Kusmanto beserta para Pengurus.

Pangkoarmada RI dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada Laksamana Pertama TNI Tunggul, M.Han. dan Kolonel Marinir Purwanto Hadi Saputro, yang selama ini telah menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk kemajuan TNI Angkatan Laut, khususnya Koarmada RI. Disamping itu, Pangkoarmada RI juga mengucapkan selamat datang kepada Laksamana Pertama TNI Ilham Army Ritonga dan Kolonel Laut (H) Fenny Akwan, guna bergabung memperkuat Koarmada RI.

Kepada Askomlek Pangkoarmada RI yang baru, Pangkoarmada RI mengharapkan supaya mengantisipasi dampak perkembangan teknologi yang mempengaruhi kemampuan dalam bidang komunikasi dan elektronika. Saat ini perkembangan teknologi militer begitu cepat seperti munculnya perang cyber. Sementara kepada Kadiskum Koarmada RI yang baru, Pangkoarmada RI menekankan berkaitan dengan pembinaan hukum terhadap para prajurit dan kemampuan penguasaan hukum nasional maupun internasional bagi personel yang sedang melaksanakan tugas operasi, mengingat Koarmada RI sebagai Kotama Pembinaan dan Operasional.

Turut hadir dalam kegiatan ini, yaitu Kepala Staf Armada Republik Indonesia (Kaskoarmada RI) Laksamana Muda TNI Didong Rio Duta Purwokuntjoro, S.T., M.A.P., para Pejabat Utama (PJU) dan Kasatker Koarmada RI.

Demikian berita Dispen Koarmada RI.