Booth Kabupaten Luwu Utara Tampil dalam INACRAFT 2024 di Jakarta

Spread the love

Jakarta – 27 Februari 2024. The 24″ Jakarta International Handicraft Trade Fair INACRAFT 2024) adalah pameran kerajinan tangan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara akan digelar untuk ke-24 kalinya pada tanggal 28 Februari – 3 Maret 2024 di Jakarta Convention Center (UCC). INACRAFT ke-24 akan menempati seluruh hall JCC ( 20.231 m) agar pameran dapat menampung seluruh kegiatan promosi dan acara pendukung dengan fasilitas yang disediakan baik untuk peserta maupun pengunjung.

Pameran INACRAFT yang diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerjasama dengan Mediatama Event dirancang untuk mempromosikan produk-produk kerajinan Indonesia, meningkatkan pasar domestik, dan membuka peluang pasar internasional sebagai komoditi eskpor ke mancanegara. INACRAFT akan terus berkontribusi membangkitkan Usaha Kecil Menengah (UKM) di bidang kerajinan menjadi wadah untuk menampilkan produk lokal yang terbaru dan berkualitas, sekaligus memperluas jejaring serta menambah pengalaman dan edukasi.

Dalam keterangan kepada media Kadis Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UMKM Kabupaten Luwu Utara Aji Saputra mengatakan, Kami ikut meramaikan Pameran Inacraft 2024 ini mengikuti rombongan Kabupaten yang dari Provinsi Sulawesi Selatan. Hari ini mungkin kita membawa kerajinan yang dari kabupaten Luwu Utara, seperti kerajinan dari kayu seperti baju yang di pakai ini, yang semua bahannya dari bahan alami kain tenun yang berasal dari Kabupaten Luwu Utara,” ujar Aji Saputra di sela-sela pameran Inacraft.

Lebih lanjut Aji Saputra menjelaskan, Selain kain dari tenun, ada kain roto, kemudian ada beberapa kerajinan tangan dari tempurung kelapa, seperti contohnya lukisan, pas bunga, anyaman dari bambu dan ada beberapa jenis alat rumah tangga yang di buat dari bambu,” ungkapnya.

“Langkah kedepan kami mungkin karena disini bisa kami lihat, bisa kami duplikasi mungkin harapan kedepannya bisa ada lebih banyak jenis variasi seperti kerajinan rotan, bisa lebih banyak jenisnya yang akan kami pelajari. Untuk yang dibina Bank Indonesia itu tempurung kelapa, karena memang agak jarang, kain dari kulit kayu, ada jenis tertentu kayu yang di tumpu di luwu utara. Ini ada yang pesan kedutaan jepang, tapi jumlah yang dipesan banyak dalam waktu yang singkat tidak bisa di penuhi, makanya yang seperti ini mau di carikan cara biar bisa produksi dalam waktu yang singkat,” terangnya.

Harapan kedepan Mudah-mudahan dengan pameran ini bisa membuka wawasan kami khususnya pengrajin, kemudian bisa produk-produk yang setidaknya kami bisa meningkatkan kualitas produk kami mengikuti utamanya yang dari luar sana,” pungkasnya.