Ukur Kemampuan Fisik, Personel Lanal Sabang Laksanakan Garjas Periode I Tahun 2024

Spread the love

TNI AL, Sabang,- Dalam rangka menjaga kesiapan dan mengukur kemampuan fisik, Personel Pangkalan TNI Angkatan Laut Sabang melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periode I Tahun 2024, bertempat di Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Kute Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Jumat (23/2/2024).

Tes Kesegaran Jasmani diawali dengan pemeriksaan tekanan darah (cek tensi) oleh Tim Kesehatan Rumkital J.Lilipory Lanal Sabang, dilanjutkan dengan pemanasan yang dipimpin oleh Tim Binjas Lanal Sabang, dan pelaksanaan Garjas meliputi Baterai A yaitu Lari 12 menit dan Baterai B yaitu Pull Up, Sit Up, Push Up, Shuttel Run (Lari Angka 8), dan renang bagi personel yang akan melaksanakan usulan kenaikan pangkat.

Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Son Haji Hariyoko, M.Tr.Hanla., M.M., mengatakan bahwa Tes Kesegaran Jasmani ini merupakan program rutin dari Komando Atas dengan tujuan untuk mengecek serta meningkatkan kemampuan fisik para Prajurit TNI AL khususnya jajaran Pangkalan TNI AL Sabang sehingga dalam menjalankan tugas pokoknya bisa berjalan dengan lancar dan maksimal.

“Kegiatan Garjas ini rutin dilaksanakan sebanyak 2 (dua) kali dalam setahun yang bersifat wajib bagi seluruh Prajurit dan PNS di lingkungan TNI AL yang bertujuan untuk membina dan menjaga ketahanan fisik. Tes Kesegaran Jasmani sangat menunjang bagi personel yang akan melaksanakan usulan kenaikan pangkat, maupun sebagai kelengkapan administrasi mengikuti pendidikan dalam alih golongan, serta program lainnya,” ujar Danlanal Sabang.

“Laksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh sesuai dengan prosedur dan sesuai kemampuan” tegas Danlanal Sabang.

Pelaksanaan kegiatan Garjas Periode I dilaksanakan dalam 2 (dua) gelombang yakni tanggal 20 Februari untuk personel yang bertugas di Mako Lanal Sabang dan tanggal 23 Februari untuk personel yang bertugas di jajaran Posal Lanal Sabang, diikuti oleh seluruh personel Lanal Sabang baik Prajurit, PNS, dan PPPK.

(Pen Lanal Sabang)