LANTAMAL III JAKARTA LAKSANAKAN SELEKSI TES ANTROPOMETRI DAN BUTA WARNA CABA DAN CATA PK TNI AL GEL I TAHUN 2024

Spread the love

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. selaku Ketua Panitia Daerah (Panda) Lantamal III Jakarta diwakili Wakil Komandan (Wadan) Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto, S.E., M.H. selaku Wakil Ketua Panda Lantamal III Jakarta didampingi Asisten Personel (Aspers) Danlantamal III Jakarta Kolonel Laut (S) Agung Widodo, M.Tr.Hanla. selaku Sekretaris Panda Lantamal III Jakarta meninjau seleksi tes antopometri, tes buta warna dan foto calon Bintara (Caba) dan calon Tamtama (Cata) prajurit karier (PK) TNI Angkatan Laut gelombang I tahun 2024 bertempat di gedung serbaguna (GSG) Mako Lantamal III Jakarta Jl. Gunung Sahari No 2 Ancol, Jakarta Utara, Senin (05/02/2024).

Danlantamal III Jakarta di tempat terpisah mengatakan “Pengukuran antropometri adalah tes yang digunakan untuk menilai ukuran serta komposisi tubuh calon prajurit TNI Angkatan Laut yang meliputi tinggi badan, berat badan, lingkar lengan atas, lingkar pinggang, lingkar perut dan lingkar panggul. Fungsi pengukuran antropometri adalah untuk mengetahui ukuran tubuh ideal calon prajurit TNI Angkatan Laut karena dengan memiliki tubuh ideal akan berpengaruh dalam kegiatan fisiknya selama pendidikan dan penugasan”.

Danlantamal III Jakarta selanjutnya menjelaskan “Tes buta warna adalah sebuah uji diagnostik untuk mengidentifikasi gangguan penglihatan warna pada calon prajurit TNI Angkatan Laut, gangguan ini bisa terjadi karena ketidaknormalan pada pigmen dalam sel-sel mata yang bertanggung jawab mengenali warna. Tes buta warna memiliki tujuan kritis dalam seleksi prajurit TNI Angkatan Laut. Penglihatan yang baik dan kemampuan untuk membedakan warna sangat penting dalam tugas-tugas militer. Terutama dalam identifikasi bendera, peta, atau informasi penting lainnya. Tes buta warna membantu memastikan bahwa calon prajurit TNI Angkatan laut memiliki kemampuan visual yang memadai untuk menjalankan tugas-tugas mereka dengan efektif dan aman”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)