DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI TAKLIMAT AKHIR REVIU LK UO TNI AL SEMESTER II TA 2023

Spread the love

TNI AL–Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri acara taklimat akhir reviu laporan keuangan (LK) unit organisasi (UO) TNI Angkatan Laut semester II TA 2023 dalam rangka persiapan penyusunan LK UO TNI Angkatan Laut semester II TA 2023 dipimpin Inspektur Jenderal Angkatan Laut (Irjenal) Laksda TNI Rubiyanto, S.E., M.M., CHRMP., C.Fr.A. bertempat di ruang rapat Diskual Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (02/02/2024).

Irjenal dalam sambutannya mengatakan “Saya selaku penanggung jawab reviu LK UO TNI Angkatan Laut semester II TA 2023 menyampaikan terima kasih atas terlaksananya kegiatan reviu LK mulai dari tanggal 15 Januari s.d. 2 Februari 2024 yang berlangsung dengan lancar, tertib dan aman serta sesuai dengan kaidah-kaidah kode etik Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dan standar reviu. Tujuan dan sasaran reviu LK adalah untuk membantu terlaksananya penyelenggaraan akuntansi dan penyajian LK TNI Angkatan Laut semester II TA 2023, sehingga dapat memberikan keyakinan terbatas mengenai akurasi, keandalan dan keabsahan informasi yang disajikan dalam LK serta pengakuan, pengukuran dan pelaporan transaksi sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintah (PSAP) sebelum LK tersebut ditandatangani dan disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) kepada Menteri Pertahanan sebagai bagian dari LK Kementerian Pertahanan (Kemhan)”.

Selanjutnya Irjenal menjelaskan “Pada reviu LK semester II TA 2023 ini, satuan kerja (Satker) yang dijadikan sampel reviu berjumlah 21 Satker yang terbagi di wilayah Jakarta, Surabaya, Tanjung Pinang dan Batam. Pertimbangan penentuan sampling reviu hanya 21 Satker antara lain faktor keterbatasan waktu pelaksanaan reviu, potensi permasalahan yang ada di Satker, sedangkan untuk hasil LK Satker lainnya tetap dilaksanakan reviu oleh APIP Itjenal melalui reviu LK OU TNI Angkatan Laut pada level eselon-1 yaitu Dinas Keuangan Angkatan Laut (Diskual)”.

Sebelum mengakhiri sambutannya Irjenal menegaskan “Pada kesempatan ini perlu saya ingatkan kembali tentang jadwal penyusunan LK semester II TA 2023, untuk itu saya sampaikan penekanan sebagai berikut agar dilaksanakan percepatan penyusunan LK UO TNI Angkatan Laut TA 2023 untuk memenuhi jadwal pengiriman Laporan Keuangan Kementerian Lembaga (LKKL) sesuai ketentuan; kepada seluruh Satker agar selalu memonitor proses penyusunan LK karena tanggung jawab pelaporan keuangan Satker berada pada pimpinan/Kasatker selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)