PANDA LANTAMAL III JAKARTA LAKSANAKAN SELEKSI TES PSIKOLOGI TAHAP I CABA DAN CATA PK TNI AL GEL I TA 2024

Spread the love

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. selaku Ketua Panitia Daerah (Panda) Lantamal III Jakarta diwakili Ketua Tim Psikologi (Katim Psi) dari Dinas Psikologi Angkatan Laut (Dispsial) Surabaya Kapten Laut (KH) Junaid Ridha Akbar, S.Psi., M.Psi., Psikolog. menggelar tes psikologi tahap I kepada para calon Bintara (Caba) dan calon Tamtama (Cata) prajurit karier (PK) TNI Angkatan Laut gelombang I TA 2024 bertempat di Gedung Serbaguna (GSG) Mako Lantamal III Jakarta Jl.Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Rabu (10/01/2024).

Dalam kesempatan terpisah Danlantamal III Jakarta mengatakan “Tes psikologi tahap I merupakan tes tertulis untuk mengetahui karakter para Caba dan Cata PK TNI Angkatan Laut berdasarkan tolok ukur yang dijabarkan melalui materi tes guna mengenali kepribadian, mengetahui tingkat kecerdasan, kelebihan maupun kekurangan. Secara umum tes psikologi dilaksanakan kepada para calon prajurit TNI Angkatan Laut untuk memahami keadaan mental dan perilaku yang bersangkutan, kecerdasan, kepribadian, kesehatan mental, kemampuan menyelesaikan masalah dan beradaptasi dalam situasi tertentu. Lebih khusus lagi apabila dikaitkan dengan pekerjaan sebagai prajurit TNI Angkatan Laut maka tes psikologi bisa memprediksi seperti apa performa kerja yang bersangkutan sesuai dengan kepribadiannya”.

Selanjutnya Danlantamal III Jakarta menjelaskan “Tidaklah mudah untuk menjalani kehidupan menjadi prajurit TNI Angkatan Laut, perubahan pola hidup yang ketat dengan aturan, komunikasi satu arah di mana perintah atasan adalah utama, latihan fisik dan jenjang-jenjang aturan yang telah ditentukan dan ditetapkan yang harus dilewati. Hal tersebut menuntut ketahanan fisik dan mental dari seorang calon prajurit TNI Angkatan Laut. Itulah pentingnya dilakukan tes psikologi yang bisa melihat potensi dasar, kematangan emosional dan kesiapan mental dari para calon prajurit TNI Angkatan Laut”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)