LANTAMAL III JAKARTA HADIRI PELANTIKAN PIMPINAN SATUAN KARYA PRAMUKA BAHARI

Spread the love

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. diwakili Kepala Dinas Potensi Maritim (Kadispotmar) Lantamal III Jakarta Letkol Laut (KH) Subarja, S.T.P. menghadiri acara pelantikan pimpinan Satuan Karya Pramuka (Saka) Bahari Kota Jakarta Barat bertempat di SMPN 224 Jl. Kebon 200 Kamal Kalideres, Jakarta Barat, Rabu (20/12/2023).

Danlantamal III Jakarta dalam sambutannya yang dibacakan Kadispotmar Lantamal III Jakarta mengatakan “Saka Bahari adalah wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis di bidang kebaharian yang berguna bagi diri pribadi, keluarga dan lingkungan serta dapat menjadi bekal dalam mengembangkan bakat dan jiwa kepemimpinan. Pembentukan dan pembinaan Saka Bahari dilaksanakan melalui kerja sama antara Gerakan Pramuka dengan TNI Angkatan Laut. Saka Bahari menyelenggarakan kegiatan-kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat bagi generai muda dalam rangka menanamkan rasa cinta tanah air dan menumbuhkan sikap hidup yang berorentasi kebaharian. Kegiatan pelantikan pengurus ini dilaksanakan dalam rangka pergantian kepengurusan Saka Bahari untuk meningkatkan tugas kinerja yang lebih baik lagi”.

Lebih lanjut Danlantamal III Jakarta menjelaskan ”Melalui Saka Bahari ini kita mengkader generasi muda untuk menumbuhkan dan membangkitkan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia yang merupakan negara kepulauan dalam rangka menanamkan rasa nasionalisme, cinta tanah air dan kebaharian. Sudah saatnya kita untuk berbuat yang terbaik bagi generasi muda dengan menumbuhkan semangat membangun jiwa kebaharian dan semangat untuk membangun Indonesia di segala aspek kehidupan berbasis bahari. Tantangan besar kita saat ini adalah usaha untuk membangkitkan kembali semangat bahari bangsa Indonesia, dan potensi bahari Indonesia seharusnya mendorong semangat kecintaan terhadap laut semakin tinggi. Salah satunya melalui kegiatan Saka Bahari yang dapat menumbuhkembangkan kecintaan generasi muda terhadap bahari dengan melibatkan siswa setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)