LANTAMAL III JAKARTA HADIRI RAPAT PERSIAPAN PENYELENGGARAAN ANGKUTAN NATAL 2023 DAN TAHUN BARU 2024

Spread the love

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. diwakili oleh Wakil Komandan (Wadan) Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (P) Whisnu Kusardianto, S.E., M.H. menghadiri rapat persiapan penyelenggaraan angkutan Natal 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru) yang dipimpin Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Tanjung Priok M. Takwim Masuku, S.T., M.M.T. bertempat di The 101 Jakarta Airport CBC Hotel Jl. CBC Raya 2 No. 1 Benda, Kota Tangerang, Rabu (13/12/2023).

Kepala KSOP Utama Tanjung Priok dalam sambutannya mengatakan “Tujuan dari rapat persiapan penyelenggaraan angkutan Natal 2023 dan tahun baru 2024 adalah untuk memastikan kesiapan instansi terkait, penyedia jasa dan petugas yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan angkutan laut Natal 2023 dan tahun baru 2024. Berdasarkan pada pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya diprediksi akan terjadi kenaikan penumpang pada masa angkutan laut Natal 2023 dan tahun baru 2024 dikarenakan liburan anak sekolah, liburan akhir tahun dan hari besar agama serta telah berlalunya masa pandemi Covid-19, untuk itu kita harus selalu waspada guna mengoptimalkan pelayanan di pelabuhan”.

Selanjutnya Kepala KSOP Utama Tanjung Priok menjelaskan “Kita harus memastikan seluruh armada kapal dalam keadaan laik laut dan bahu membahu dalam meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran, termasuk mengantisipasi cuaca ekstrim. Adapun persiapan yang harus dilakukan adalah pemeriksaan kelaiklautan kapal di wilayah pelabuhan Tanjung Priok melalui uji petik kelaiklautan yang dilakukan oleh Marine Inspector dari KSOP Utama Tanjung Priok. Untuk itu, diharapkan seluruh stekholder terkait dan para nahkoda agar selalu memantau prakiraan cuaca yang didapat dari BMKG serta wajib melakukan penundaan keberangkatan kapal apabila terjadi kondisi cuaca buruk sebelum kapal berangkat, karena keselamatan pelayaran tidak dapat dikompromi. Mengingat Nataru kerap bersamaan dengan cuaca ekstrim, maka perusahan pelayaran diminta untuk dapat meng-update informasi terkini jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal baik di pelabuhan atau melalui media sosial”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)