Lanal Bandung Gelar Syukuran HUT Ke-75 Korps Suplai TNI AL

Spread the love

TNI AL, Bandung,- Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., pimpin acara Syukuran HUT Ke-75 Korps Suplai TNI AL Tahun 2023, bertempat di Aula Mako Lanal Bandung dan dihadiri seluruh Perwira, Bintara, Tamtama serta PNS Lanal Bandung, Jum’at (01/09/2023).

Dalam sambutan Kadiskual yang dibacakan oleh Danlanal Bandung menyampaikan bahwa pada momentum hari jadi Korps Suplai ini, sejenak kita mengingat sejarah berdirinya Korps Suplai. Diawal Kemerdekaan Indonesia Tentara Keamanan Rakyat Laut yang menjadi cikal bakal dari Angkatan Laut, melaksanakan Selection Board pada tahun 1948 dan memutuskan 5 (lima) Korps awal yang terbentuk di Angkatan Laut yaitu Korps Pelaut, Korps Mesin, Korps Administrasi, Korps Komando dan Korps Kesehatan, momen inilah yang menjadi awal kelahiran Korps Administrasi.

Pada tahun 1960 timbul gagasan untuk mengubah Korps Administrasi menjadi Korps Suplai meliputi bidang administrasi laut yang lebih luas, kemudian pada 1970 Korps Suplai diubah menjadi Korps Administrasi yang dalam pelaksanaannya meliputi pembinaan bidang profesi Perbekalan, Keuangan, Personalia, Hukum dan Tata Usaha.

Dengan mempertimbangkan dinamika penugasan dan dalam rangka meningkatkan profesionalisme personel, maka diajukanlah perubahan nama Korps serta perubahan tanda Lambang Korps. Akhirnya melalui Surat Keputusan Kasal Nomor Skep/1334/VII/2001 tanggal 20 Agustus 2001 tentang perubahan lambang dan penyebutan Korps Administrasi menjadi Korps Suplai.

Selanjutnya beberapa hal penting yang saat ini sedang kita laksanakan antara lain adalah penyiapan Sumber Daya Manusia yang kompeten untuk dapat mengawaki Aplikasi Sakti yang terdiri dari sembilan modul agar dapat beroperasi secara full module sesuai dengan tuntutan penyelenggaraan Administrasi Keuangan Negara dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Sementara itu, di bidang Perbekalan dan Administrasi Umum, Diskual telah menjalin komunikasi, koordinasi dan kerjasama secara intens dengan pihak pihak terkait guna memperkuat eksistensi Korps Suplai dibidang yang menjadi profesi dasar Korps Suplai tersebut serta bidang-bidang lain yang melibatkan kontribusi personel Korps Suplai dalam rangka mendukung tugas-tugas TNI Angkatan Laut.

(Pen Lanal Bandung)