PANDA LANTAMAL III JAKARTA GELAR TES PEMERIKSAAN LABORATORIUM CABA DAN CATA PK TNI AL GEL II TA 2023

Spread the love

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. selaku Ketua Panitia Daerah (Panda) Lantamal III Jakarta diwakili Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (K) drg. Eko Priambodo selaku Ketua Tim Uji Pemeriksaan Kesehatan (Katim Uji Rikkes) menggelar tes pemeriksaan laboratorium kepada para calon Bintara (Caba) dan calon Tamtama (Cata) prajurit karier (PK) TNI Angkatan Laut gelombang II TA 2023 bertempat di Gedung Serbaguna (GSG) Mako Lantamal III Jakarta Jl. Gunung Sahari No 2 Ancol, Jakarta Utara, Rabu (30/08/2023).

Danlantamal III Jakarta di tempat terpisah mengatakan “Tes pemeriksaan laboratorium adalah suatu prosedur pelaksanaan pemeriksaan kesehatan para calon prajurit TNI Angkatan Laut untuk pemeriksaan bagian dalam tubuh meliputi urine, darah dan rontgen guna menentukan diagnosa penyakit. Secara mendalam tes pemeriksaan laboratorium untuk melihat kadar asam urat, kolesterol, hemoglobin (Hb), dan trigliserol, sedangkan pemeriksaan elektrokardiografi (EKG) untuk mendeteksi dan menilai kelainan kelistrikan jantung, serta foto thorax untuk melihat kondisi jantung, paru-paru, pembuluh darah, saluran udara, tulang dada, dan tulang belakang secara keseluruhan”.

Hasil pemeriksaan laboratorium kepada para calon prajurit TNI Angkatan Laut sebagai pemeriksaan penunjang medik berupa tindakan dan prosedur pemeriksaan khusus dengan mengambil bahan atau sampel berupa urine dan darah. Tujuan pemeriksaan laboratorium adalah untuk membantu diagnosa suatu penyakit yang diderita oleh para calon, dan menentukan resiko terhadap suatu penyakit yang dapat dideteksi secara dini, serta menentukan prognosis atau perjalanan penyakit sehingga dapat digunakan sebagai pemantau perkembangan penyakit. Hasil dari pemeriksaan laboratorium akan menunjukkan layak atau tidaknya para calon untuk menjadi prajurit TNI Angkatan Laut yang memerlukan fisik dan kesehatan yang baik dalam rangka menjalankan tugas menjaga, mengamankan dan melindungi tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

(Dispen Lantamal III Jakarta)