DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI APEL GELAR PASUKAN SATGASLA PAM KTT KE-43 ASEAN TAHUN 2023

Spread the love

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri apel gelar pasukan satuan tugas laut pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (Satgasla Pam KTT) ke-43 Asean tahun 2023 yang dipimpin Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksda TNI Achmad Wibisono, S.E., CHRMP. bertempat di dermaga JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (30/08/2023).

Pangkoarmada I dalam sambutannya mengatakan “Satgasla pengamanan merupakan bagian dari tugas TNI dalam melaksanakan operasi militer selain perang (OMSP) yang diamanatkan dalam Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Koarmada I selaku komando utama (Kotama) operasi TNI telah mendapatkan kepercayaan tugas mulia dari pimpinan TNI untuk turut ambil bagian dalam pengamanan KTT ke-43 Asean tahun 2023 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 1 s.d. 9 September 2023. Oleh karena itu, Koarmada I harus mampu melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai area of responsibility yang telah ditentukan, sektor tanggung jawab harus aman dari ancaman dan gangguan yang dapat mengganggu kelancaran jalannya pelaksanaan KTT ke-43 Asean tahun 2023”.

Selanjutnya Pangkoarmada I menjelaskan “Koarmada I telah menyiapkan personel, unsur-unsur KRI, heli, dan sea reader Satkopaska serta pangkalan-pangkalan di bawah jajaran Lantamal III Jakarta.untuk melaksanakan pengamanan laut dan pelabuhan secara maksimal guna mendukung kesiapan unsur-unsur selama operasi pengamanan laut berlangsung. Oleh karena itu, kerja sama di seluruh lapisan harus terjalin dengan baik dan melaksanakan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam mendukung kelancaran operasi pengamanan laut. Kewaspadaan di laut tidak bisa dianggap remeh dan harus benar-benar ditingkatkan terhadap ancaman yang sedang berkembang saat ini mengingat besarnya gelaran KTT ke-43 Asean tahun 2023”.

Sebelum mengakhiri sambutannya Pangkoarmada I memberikan penekanan kepada seluruh personel dan unsur yang terlibat dalam Satgas pengamanan “Pertama, laksanakan tugas mulia ini dengan penuh rasa tanggung jawab, jangan ragu-ragu dalam bertindak pada situasi apapun dengan tetap berpedoman kepada prosedur dan aturan yang berlaku. Kedua, laksanakan selalu check and recheck terhadap seluruh personel maupun material yang terlibat. Ketiga, laksanakan koordinasi dan kerja sama secara intensif, baik dengan satuan sendiri maupun dengan komando samping serta instansi terkait lainnya dengan komando pengendalian (Kodal) sesuai garis komando masing-masing. Keempat, antisipasi kemungkinan peningkatan eskalasi yang mengharuskan dilaksanakannya escape bagi peserta KTT ke-43 Asean tahun 2023. Kelima, antisipasi kemungkinan terjadinya cuaca yang signifikan dengan selalu mengutamakan keselamatan personel dan material guna mewujudkan zero accident”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)