Tingkatkan Operasional Pangkalan, Danlanal Bintan Laksanakan Pengecekan Secara Fisik Kendaraan Dinas

Spread the love

TNI AL, Bintan,- Untuk mengetahui kondisi teknis kendaraan dinas yang ada di Lanal Bintan, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Bintan Letkol Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., didampingi PgS. Palaksa Lanal Bintan dan Perwira Staf melaksanakan pemeriksaan dan apel kendaraan dinas, bertempat di Lapangan Hang Tuah Lanal Bintan, Jum’at (18/08/2023).

Maksud dan tujuan kegiatan tersebut dalam rangka mengecek seluruh inventaris kendaraan dinas untuk meyakinkan kondisi kendaraan dalam mendukung operasional kegiatan di Lanal Bintan. Disamping itu pula sebagai bentuk implementasi peningkatan disiplin bagi prajurit, terutama para pengemudi dan pengawak kendaraan tersebut.

Pemeriksaan kendaraan meliputi kendaraan administrasi, kendaraan taktis dan kendaraan khusus yang merupakan inventaris Lanal Bintan.

Pemeriksaan dan pengecekan kendaraan dilakukan mulai dari kelengkapan kendaraan bermotor roda empat maupun roda dua seperti helm, lampu, rem, ban dan kondisi mesin. Tidak hanya itu juga mengecek kelengkapan surat-surat pengemudinya diantaranya STNK, SIM dan KTA dan jenis cat yang digunakan apakah sudah sesuai spektek TNI AL yang sudah ditetapkan.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan mengatakan bahwa pemeriksaan kendaraan secara terus menerus dan berkelanjutan akan dilaksanakan dengan harapan dapat diketahui kondisi fisik kendaraan tersebut, karena kendaraan merupakan sarana Utama dalam mendukung kedinasan.

Lebih lanjut Danlanal Bintan mengingatkan kepada para pengemudi atau pengawak adalah ujung tombak jadi wajib merawat serta memelihara kendaraan yang menjadi tanggung jawabnya seperti melaksanakan pengecekan dan pemanasan kendaraan secara periodik, menjaga kebersihan kendaraan serta pemeliharaan ringan kendaraan.

Danlanal juga menekankan kepada pengemudi ataupun pengawak kendaraan agar tertib dalam berlalu lintas, menjaga kehormatan TNI Angkatan Laut untuk tidak melanggar aturan lalu lintas. Sebagai prajurit, saat mengendarai kendaraan dinas senantiasa menjadi contoh bagi masyarakat dalam tertib berlalu lintas, ungkap Danlanal Bintan mengakhiri pelaksanaan pemeriksaan kendaraan tersebut.

(Pen Lanal Bintan)