Bersinergi Untuk Lingkungan Pesisir, Lanal Bintan Gelar Bhakti Sosial Bersih Pantai dan Pemberian Bantuan Sosial Kepada Masyarakat Pesisir Dalam Rangka Memeriahkan HUT Ke-78 RI

Spread the love

TNI AL, Bintan,- Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bintan menggelar kegiatan Bhakti Sosial Bersih Pantai dan Pemberian Bantuan Sosial kepada Masyarakat Pesisir di tempat Wisata Kampung Bugis Taman Kota, Tanjung Uban, Bintan, Senin (14/08/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan bersama Pejabat FKPD Bintan, Jalasenastri Cabang 5 Korcab IV DJA I, Pelajar dan Masyarakat sekitar tersebut dalam rangka rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan oleh Lanal Bintan. Acara dimulai dengan penyerahan alat kebersihan oleh Komandan Lanal Bintan Letkol Laut (P) Gita Muharam, M.Sc., Kepada perwakilan Personel TNI, Polri dan instansi non militer, yang dirangkai dengan penyerahan bantuan kepada masyarakat pesisir dan anak stunting.

Dalam sambutannya, Danlanal Bintan mengatakan bahwa acara bersih-bersih pantai ini adalah bukti nyata bahwa kita tidak hanya merayakan kemerdekaan dengan perayaan dan bendera berkibar, tetapi juga dengan tindakan nyata yang membawa perubahan positif untuk masyarakat dan lingkungan pastinya. Saat ini sebagai generasi penerus, tanggung jawab itu turut menjadi milik kita. Salah satu aspek penting dari tanggung jawab kita adalah menjaga lingkungan alam yang indah ini. Tidak ada usaha yang terlalu kecil dalam menjaga alam kita. Dalam menghadapi masalah lingkungan saat ini, setiap langkah kecil memiliki arti besar.

“Acara bersih-bersih pantai ini bukan hanya sekadar tindakan fisik, tetapi juga simbol dari kepedulian kita terhadap bumi yang kita warisi. Setiap sampah yang kita angkat, setiap jejak yang kita hapus adalah kontribusi kita untuk menjaga alam ini tetap bersih dan indah. Aksi kecil kita hari ini adalah awal dari perubahan yang lebih besar. Mari kita berikan teladan kepada generasi mendatang tentang pentingnya menjaga alam demi masa depan yang lebih baik. Marilah kita jadikan aksi bersih-bersih pantai ini sebagai cerminan nyata dari semangat kemerdekaan kita,“ ungkap Danlanal Bintan.

Pada kesempatan tersebut, Asisten Asministrasi Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bintan Panca Adiguna yang mewakili Bupati Bintan memberikan apresiasi setinggi-tingginya dari Pemkab Bintan atas kegiatan yang sudah dan akan dilaksanakan pada pagi ini. Selain dalam memperingati HUT Ke-78 RI tentunya ini juga merupakan wujud nyata dari manunggalnya TNI dengan Masyarakat, kemudian juga kegiatan ini dimana ada bersih-bersih pantai merupakan kegiatan yang mencoba memberikan edukasi dan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan terutama lingkungan pantai.

Untuk kita ketahui bersama masyarakat Kabupaten Bintan ini adalah masyarakat pesisir dimana kehidupan masyarakat berada di kawasan pesisir, tentunya kawasan pesisir yang letaknya berdampingan dengan negara tetangga serta salah satu alur lalu lintas tersibuk didunia yaitu Selat Malaka, tentunya selain mendapatkan pengaruh dari luar juga dari dalam. Serta dalam kegiatan ini juga dilaksanakan Bakti Sosial berupa bantuan untuk masyarakat Stunting, ini juga kami apresiasi peran serta TNI AL dalam membangun Bintan.

(Pen Lanal Bintan)