Pangkoarmada RI Kunjungi Wilayah Binaan Potensi Maritim Pesawaran Lampung

Spread the love

TNI Angkatan Laut, Koarmada RI, Lampung 10 Agustus 2023.

Panglima Komando Koarmada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksdya TNI Heru Kusmanto didampingi Ketua PG Jalasenastri Koarmada RI Ny. Yayuk Heru Kusmanto menghadiri kegiatan Pembinaan Potensi Maritim Lanal Lampung dan Brigif 4 Mar, bertempat di Pesawaran, Lampung. Kamis 10 Agustus 2023.

Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, yang diwakili dan dibacakan oleh Pangkoarmada RI Laksdya TNI Heru Kusmanto mengatakan bahwa TNI Angkatan Laut memiliki peran penting dalam tugas pemberdayaan wilayah pertahanan laut, melalui Pembinaan Potensi Maritim. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan Ruang, Alat dan Kondisi (RAK) Juang yang Tangguh bagi Kepentingan Pertahanan Negara. Oleh karena itu, TNI Angkatan Laut hadir dan berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah setempat dalam usaha mempercepat Pembangunan Daerah sebagai wujud percepatan Pembangunan Nasional.

Menurut Kasal, keberadaan TNI Angkatan Laut di Provinsi Lampung telah dikenal luas oleh masyarakat sekitar, dengan adanya Lanal Lampung dan Brigif 4 Marinir BS, TNI Angkatan Laut bekerja sama dengan Pemerintah Daerah setempat untuk meningkatkan kesejahteraan melalui program kegiatan Bakti TNI Angkatan Laut, Pembinaan Ketahanan Wilayah Maritim (Bintahwilmar), dan Komunikasi Sosial Maritim (Komsosmar). Hal ini telah dibuktikan Lanal Lampung dan Brigif 4 Marinir BS dalam berkarya dan menghadirkan inovasi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, diantaranya adalah kegiatan bedah rumah di 10 rumah tidak layak huni menjadi rumah tinggal layak huni, bakti kesehatan untuk 1000 pasien berupa pengobatan gratis, serta pemberian 1000 paket sembako bagi masyarakat kurang mampu. Sedangkan dalam mengoptimalkan kualitas pendidikan dan ekonomi, telah dibangun rumah pintar, sarana prasarana eco wisata mangrove cuku nyinyi, serta pembinaan budi daya ikan dengan pemberian karamba untuk peningkatan ketahanan pangan.

Hadir pada kegiatan tersebut, yang juga ikut berpartisipasi bagi pembangunan daerah Lampung mendukung pembangunan nasional, yaitu segenap Pejabat Utama Mabesal, Pimpinan Kotama TNI Angkatan Laut, Ketua Umum Jalasenastri beserta Pengurus, Gubernur Lampung beserta Forkopimda Provinsi Lampung, Bupati beserta Forkopimda Kabupaten Pesawaran, Dirut Bank Mandiri, Dirut PT. Adhi Karya, Dirut PT. Bukit Asam, Pimpinan Lion Club Lampung, Pimpinan Gudang Garam Lampung, dan para undangan.

Demikian berita Dispen Koarmada RI.