Tongkat Komando Lanal Bengkulu Resmi Diserah Terimakan

Spread the love

TNI AL, Bengkulu,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) II Laksamana Pertama TNI Benny Febri, M.M., M.Tr.Opsla., memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Lanal (Danlanal) Bengkulu dari Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana A.S., kepada Letkol Laut (P) Yudho Mewah Angkasa, M.Tr.Opsla. Upacara Sertijab tersebut berlangsung di Lapangan Apel Markas Komando Lanal Bengkulu, Jalan RE. Martadinata No.10, Kota Bengkulu, Minggu (06/08/2023).

Komandan Lantamal II pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa pergantian jabatan merupakan bentuk regenerasi kepemimpinan dan pembinaan organisasi, keberadaan Pangkalan TNI AL (Lanal) pada hakekatnya mewakili keberadaan TNI AL di wilayah sehingga menjadi tolok ukur dan persepsi masyarakat terhadap TNI AL.

Lebih lanjut, Danlantamal II menyampaikan tolok ukur keberhasilan tugas Lanal salah satunya keberhasilan Danlanal dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya di wilayah kerja. Lanal Bengkulu sebagai salah satu penegak hukum di laut dan pembina potensi maritim yang saat ini memiliki beberapa Pos TNI AL (Posal) di wilayah pesisir mulai dari Kabupaten Mukomuko hingga Kabupaten Kaur. Untuk itu, Danlanal harus mampu secara cermat dan optimal menentukan prioritas sasaran tugas agar tercapainya efesiensi dan efektivitas kerja, dengan tetap bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten maupun Provinsi dan Instansi terkait lainnya, serta turut menggandeng masyarakat pesisir melalui Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) yang berfungsi sebagai mata dan telinga Danlanal di wilayah kerjanya masing-masing.

Beberapa wujud nyata peran serta Lanal Bengkulu dalam pelaksanaan tugas pokok yang ada di wilayah kerja, berupa pelaksanaan patroli keamanan laut dengan Kapal Angkatan Laut (KAL) dan Kapal Patkamla milik Lanal, termasuk turut serta dalam operasi SAR bersama instansi maritim lainnya.

Lanal Bengkulu juga turut berperan dalam pembangunan daerah dan membantu ekonomi masyarakat pesisir, melalui program Karya Bakti pembukaan jalan sentra produksi di Kabupaten Kaur, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Seluma. Dan membentuk Program Nasional Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang berlokasi di Pantai Tapak Paderi Kota Bengkulu dan juga di Desa Pardasuka serta Desa Linau Kabupaten Kaur serta berperan aktif dalam implementasi program Pemerintah dalam pengentasan stunting, kemiskinan dan ketahanan pangan, yang dapat membantu Pemerintah Daerah dalam upaya mensejahterakan masyarakat pesisir, dan membangun ketahanan masyarakat secara nasional.

Danlantamal II mengucapkan terima kasih kepada Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana A.S., dan keluarga atas dedikasi serta pengabdian tugasnya serta menyampaikan selamat datang dan selamat bertugas kepada Letkol Laut (P) Yudho Mewah Angkasa, M.Tr. Oplsa., dan keluarga.

Kegiatan tersebut dihadiri Pejabat Utama Lantamal II, Forkopimda Provinsi dan Kota Bengkulu, perwakilan instansi maritim dan mitra kerja Lanal, serta diikuti oleh seluruh Prajurit, PNS dan pasukan undangan dari instansi samping.

(Pen Lanal Bengkulu)