LANTAMAL III JAKARTA IKUTI PEMECAHAN REKOR DUNIA PEMENTASAN ANGKLUNG

Spread the love

TNI AL-Dispenlantamal3. Ketua Koordinator Cabang III Daerah Jalasenastri Armada I (Korcab III DJA I) Ny. Neneng Harry Indarto mengikuti pemecahan rekor dunia pementasan angklung yang dihadiri dan disaksikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (05/08/2023).

Ketua Korcab III DJA I mengatakan “Kegiatan pemecahan rekor dunia pementasan angklung yang diprakarsai Ibu Negara Ibu Iriana Joko Widodo sekaligus juga ikut berada di dalam barisan peserta didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin memainkan angklung bersama peserta dari anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM), Pegawai Negeri Sipil (PNS), Dharma Wanita Persatuan sejumlah Kementerian/Lembaga, TNI-Polri, organisasi wanita, sekolah kedinasan, pelajar dan lain-lain. Para peserta memainkan satu lagu nasional “Berkibarlah Benderaku” dan satu lagu perdamaian dunia “The Wind of Change”.

Pementasan angklung dalam upaya pemecahan rekor dunia tersebut sebagai persembahan hadian ulang tahun ke-78 Republik Indonesia tahun 2023. Upaya pemecahan rekor dunia ini akan memecahkan rekor sebelumnya yang diselenggarakan oleh Keduataan Besar RI untuk Amerika serikat di Washington DC tahun 2011 yang diikuti sebanyak 5.182 orang dari berbagai bangsa.

Sekilas tentang alat musik angklung adalah alat musik yang berasal dari Jawa Barat yang diciptakan oleh Daeng Soetigna pada tahun 1938 di Kuningan dengan tangga nada diatonis-kromatis. Angklung terbuat dari dua hingga empat tabung bambu yang digantung dalam bingkai bambu dan dimainkan dengan cara digoyangkan.

(Dispen Lantamal III Jakarta)