Kaskoarmada RI Saksikan Penembakan 4 Rudal di Latgab TNI

Spread the love

TNI Angkatan Laut, Koarmada RI, Jakarta 31 Juli 2023.

Panglima Komando Koarmada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksdya TNI Heru Kusmanto, yang diwakilkan Kaskoarmada RI Laksda TNI Didong Rio Duta, dalam rangka mendampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali, untuk menyaksikan secara langsung Penembakan Senjata Khusus TNI AL dalam Manuver Lapangan (Manlap) Latihan Gabungan (Latgab) TNI Tahun 2023, bertempat di wilayah Perairan Laut Bali. Senin (31/7).

Unsur KRI yang dilibatkan, diantaranya KRI Raden Eddy Martadinata (REM) -331 sebagai kapal utama penembak Exocet MM 40 Blok III, KRI Yos Sudarso (YOS)-353 sebagai kapal penembak C-802 dan KRI Tombak (TOM)-629 sebagai kapal penembak C-705. Sedangkan KRI yang menjadi sasaran dalam penembakan rudal tersebut adalah KRI Slamet Riyadi, yang merupakan KRI TNI AL yang sudah tidak operasionalkan lagi oleh TNI AL sejak Agustus 2019 lalu.

Sedangkan spesifikasi Rudal yang ditembakkan tersebut antara lain, Rudal SSM Exocet MM40 Block 3 merupakan Rudal yang memiliki kecepatan 0,93 mach, dengan jarak jelajah 6.5 – 97 NM dan tinggi jelajah hingga 9 M. Rudal C-802 memiliki kecepatan 0,9 mach, dengan jarak jelajah 5.4 – 64.7 NM dan tinggi jelajah hingga 20 M. Sedangkan Rudal C-705 memiliki kecepatan 0,8 mach, dengan jarak jelajah 6-70 NM dan tinggi jelajah hingga 20 M. 

Latihan peperangan laut yang telah dilaksanakannya penembakan rudal pada Latgab TNI Tahun 2023 ini menjadi salah satu prioritas guna terus meningkatkan kesiapsiagaan satuan-satuan TNI AL dalam melaksanakan operasi militer perang, dan juga sebagai sarana uji doktrin dalam peperangan TNI, serta melatih meningkatkan interoperabilitas antar kekuatan dan Alutsista TNI.

Demikian berita Dispen Koarmada RI.