Willy Hadiwijaya: Lithium Fire Killer (LFK) Mampu Memadamkan Api dari Kendaraan Listrik dengan Cepat

Spread the love

Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menggelar Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF) pada 3-5 Agustus 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Mengangkat tema “Merdeka Belanja Produk Dalam Negeri” dengan tagline “Menjadi Pahlawan Di Negeri Sendiri dengan Belanja PDN”, event yang baru pertama kali digelar ini bertujuan mendorong optimalisasi belanja produk dalam negeri (PDN) lewat penggunaan katalog elektronik atau e-katalog.

Selaras dengan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 kepada Kepala LKPP, pelaku usaha nasional yang memproduksi produk dan jasa berkualitas dan kompetitif harus terus didorong melakukan percepatan eskalasi bisnis melalui penciptaan iklim belanja yang kondusif produk dalam negeri oleh instansi pemerintah, lembaga, BUMN/BUMD yang menggunakan APBN dan APBD.

Ditemui di sela sela acara pameran CEO PT. Famindo Alfa Spektrum Teknologi (FAST) Willy Hadiwijaya mengatakan
Perusahaan kami satu satu di dunia fokus bergerak dalam bidang safety untuk memadamkan api yang bersumber dari baterai lithium atau kendaraan listrik. Produk kami sudah sertifikasi lengkap baik lokal maupun internasional dengan TKDN sangat tinggi 58,56%. Kami sangat butuh support dan dukungan dari pemerintah dan kementerian terkait untuk bisa menjembatani fungsi kami mengawal ekosistem industri kendaraan Elektrik Indonesia, ungkapnya dalam pameran
Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF) 2023 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Jum’at (4/8/23).

Produk yang kami hasilkan adalah Lithium Fire Killer (LFK) dan sekarang sudah banyak bekerja sama dengan berbagai produsen mobil kendaraan listrik maupun motor listrik bahkan public station atau stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang ada di mall mall, gedung perkantoran, perumahan. Produksi kami mampu memadamkan api lithium.

Kita patut berbangga karena ini produk asli karya anak bangsa yang sudah diakui dunia. Kita sudah ekspor kemana mana dan kita mau mengawal safety keamanan dalam berkendara di industri kendaraan listrik, paparnya.

Untuk diketahui APAR kendaraan listrik berbeda dengan kendaraan biasa sebab jika baterai terbakar butuh kimia khusus untuk menurunkan panas dan bahkan percikan api. Kebakaran baterai yang umumnya bertipe Lithium perlu pemadam khusus. Tidak bisa hanya memutus aliran Oksigen, karena bahan sel baterai dan gel yang mengandung bahan pemicu kebakaran, ada Hidrogen dan Oksigen, urainya.

Secara khusus FAST juga mengembangkan teknologi fire suppression system yang langsung terhubung dengan battery compartment dan juga pemasangan APAR “Lithium Fire Killer”. Dengan menggunakan langkah preventif untuk memitigasi risiko yang akan timbul dengan penanganan yang tepat, terangnya.

Produk kami tujuannya untuk keselamatan banyak orang dan produk kami karya anak Bangsa 100% untuk preventif. Jadi harapannya sekarang safety tidak dipandang atau dianggap sebelah mata yang penting murah. Kita tidak bisa menawar untuk keselamatan nyawa kita dan masyarakat Indonesia semakin hari semakin teredukasi bahwa nilai dirinya dan keluarganya keselamatan adalah nomor satu.

Lanjut Willy, sekarang Indonesia menjadi pusat atau center nikel dunia. Kita harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri yang kita harapkan kedepannya menjadi negara maju tahun 2045 dan kita menikmati semua hasilnya, tutupnya.