Ketua Kadin Kabupaten Fakfak Hadiri ICEF Jakarta, Kita Harus Semangat dengan Produk Dalam Negeri

Spread the love

Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menggelar Indonesia Catalogue Expo and Forum (ICEF) di JIEXPO Kemayoran Jakarta, pada 3-5 Agustus 2023.

Menurut data yang dirilis LKPP, saat ini jumlah yang sudah masuk dalam penayangan e-katalog mencapai 5.586.517 produk. Semakin banyaknya penyedia yang masuk dalam e-katalog, tentunya akan menciptakan pasar yang semakin kompetitif, asal produk-produk tersebut benar-benar dibeli oleh kementerian, lembaga, BUMN, jajaran pemerintahan provinsi, kota, kabupaten.

ICEF dihadirkan sebagai salah satu upaya, selain mendorong pengoptimalan penggunaan Katalog Elektronik, jug inia untuk mendukung percepatan pembangunan dan pengembangan IKN Nusantara 2024 melalui pengadaan barang dan jasa.

ICEF mengusung tema “Merdeka Belanja Produk Dalam Negeri” dengan tagline “Menjadi Pahlawan di Negeri Sendiri dengan Belanja PDN”, event yang baru pertama kali digelar ini bertujuan untuk mendorong optimalisasi belanja produk dalam negeri (PDN) lewat penggunaan katalog elektronik (e-katalog), ungkap Ketua Kadin Kabupaten Fakfak Papua Barat Victor J Warabay di JI-Expo Kemayoran Jakarta, Kamis (3/8/23).

Victor menambahkan kami diundang ke event nasional ini untuk bisa mengadopsi hasil hasil produk dalam negeri untuk disosialisasikan kepada Pemprov Papua Barat untuk ditindaklanjuti menggunakan produk dalam negeri. Proses dalam negeri tidak kalah kualitasnya dibandingkan dengan produk luar negeri, tegas Victor.

Lanjutnya, Kabupaten Fakfak penghasil besar bidang perikanan seperti tuna, lobster serta kerapu. Selain itu Kabupaten Fakfak penghasil besar pala dan produk turunannya ada manisan pala, balsem pala, sabun pala serta parfum pala.

Lanjutnya Pala akan dibuatkan e katalog supaya produk kami dari Fakfak bisa terjual di seluruh Indonesia, terangnya.

Victor berharap pameran seperti ini rutin diadakan setiap tahun untuk menampilkan produk-produk baru dan sebagai anak bangsa kita harus semangat dengan produk dalam negeri, paparnya.

Menurut Victor, expo ini akan memberikan kesempatan lebih banyak kepada instansi pemerintah di Indonesia, dalam hal ini Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah (Pemda), yang sedang mencari dan membutuhkan produk dan jasa terbaik dalam negeri. ICEF 2023 juga menjadi ajang sosialisasi dan literasi terkait sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan lainnya, pungkasnya.