Pangkoarmada RI Hadiri Praspa TNI-Polri 2023 di Istana Merdeka

Spread the love

TNI Angkatan Laut, Koarmada RI, Jakarta 26 Juli 2023.

Panglima Komando Koarmada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksdya TNI Heru Kusmanto didampingi Ketua PG Jalasenastri Koarmada RI Ny. Yayuk Heru Kusmanto menghadiri sekaligus mengikuti Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri 2023, yang dipimpin langsung oleh Presiden RI Joko Widodo didampingi Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin, digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 26 Juli 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden RI Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah para calon perwira remaja (capaja) yang berjumlah 833 orang dari matra TNI dan Kepolisian yang secara simbolis diwakili oleh empat perwira menurut agama yang dianut.

Pelantikan tersebut didasarkan pada Surat Keputusan Presiden RI Nomor 52 TNI Tahun 2023 dan Nomor 53 Polri Tahun 2023 tentang Pengangkatan Taruna dan Taruni Akademi TNI dan Akademi Kepolisian Menjadi Perwira TNI dan Perwira Kepolisian RI.

Para perwira yang dilantik oleh Presiden, terdiri atas lulusan akademi militer 357 orang, lulusan Akademi Angkatan Laut 94 orang, Akademi Angkatan Udara 114 orang, serta lulusan Akademi Kepolisian sejumlah 268 orang.

Presiden Jokowi dalam kesempatan tersebut juga memberikan penghargaan Adhi Makayasa kepada empat lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Polri, yaitu dari Akademi Militer Letnan Dua Sawung Setiawan S Tr (Han), dari Akademi Angkatan Laut Letnan Dua Pelaut Hermawan Burhanudin Tri Putro, S Tr (Han) dan dari Akademi Angkatan Udara Letnan Dua Penerbang Muhammad Galuh Safari Rahmat, S Tr (Han), serta Akademi Polisi: Inspektur Polisi Dua Irfan Urane Azis S Tr K.

“Atas nama pribadi, rakyat, bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat atas pelantikan saudara-saudara sebagai Perwira TNI dan Polri pada pagi hari ini. Saya bangga melantik saudara-saudari para perwira muda, para ksatria muda yang berani, percaya diri dan optimis yang selalu siap mendedikasikan diri dan menjadi pemersatu bangsa serta bekerja dan mengabdi untuk kemajuan bangsa dan negara,” ujar Presiden Jokowi selaku Inspektur Upacara.

Presiden juga menyampaikan kepada Perwira TNI dan Polri bahwa hari ini adalah dimulainya perjalanan dan pengabdian nyata untuk membuktikan kemampuan dan kesetiaan dalam mengemban tugas negara. Karena tugas TNI dan Polri tidaklah mudah diantaranya menjaga stabilitas dan keamanan negara, menjaga tegakknya NKRI, serta meneruskan tongkat estafet kepemimpinan bangsa.

Dunia kemiliteran dan kepolisian berubah cepat. Untuk itu Presiden mengingatkan agar persiapkan diri terhadap ancaman dengan terus belajar dan tingkatkan keahlian dan terus berinovasi.

“Selamat bertugas kepada para ksatria muda, selamat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, jadilah aparat yang tegak lurus pada konstitusi dan aturan, buatlah orang tuamu bangga, buatlah bangsamu bangga, kehormatan bangsa dan negara kini di pundak kalian semuanya. Jaga, rawat dan harumkan !” pesan Presiden Jokowi.

Demikian berita Dispen Koarmada RI.