Asah Kemampuan dan Naluri Tempur Prajurit, Lanal Sabang Laksanakan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat P1 dan P2

Spread the love

TNI AL, Sabang,- Untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan naluri tempur prajurit, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sabang melaksanakan Uji Terampil Geladi Tugas Tempur (Glagaspur) Pangkalan Tingkat P1 dan P2, dibuka oleh Danlanal Sabang Letkol Laut (P) Son Haji Hariyoko, M.Tr.Hanla., M.M., selaku Pimpinan Latihan (Pimlat), bertempat di Mako Lanal Sabang, Jalan Yos Sudarso, Gampong Kuta Ateuh, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Jumat (21/07/2023).

Kegiatan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat P1 dan P2 di Lanal Sabang berlangsung selama 2 (dua) hari tanggal 21 sampai dengan 22 Juli 2023, dengan Tim Penguji Wadan Kolat Koarmada I Letkol Laut (P) Yoni Nova Kusumawan, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., selaku Wakatim, Paban Opslat Lantamal III Mayor Laut (P) Samsul Sinaga beserta Tim Kolat Koarmada I.

Dalam sambutannya, Danlanal Sabang Letkol Laut (P) Son Haji Hariyoko, M.Tr.Hanla., M.M., menyampaikan bahwa pelaksanaan Glagaspur bertujuan untuk menguji ketangkasan dan profesionalisme prajurit khususnya prajurit Lanal Sabang dalam pelaksanaan kelancaran tugas pokok dan menjadikan prajurit yang profesional, tangguh, serta trengginas.

“Saya berharap Lanal Sabang dapat melaksanakan latihan ini sesuai rencana kegiatan yang telah ditetapkan, dan seluruh personel melaksanakan dengan baik dan serius serta semangat yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kemanpuan dan profesionalisme prajurit,” ujar Danlanal Sabang.

Sementara itu, Wadan Kolat Koarmada I Letkol Laut (P) Yoni Nova Kusumawan, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., menyampaikan bahwa Penyelenggaraan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan Tingkat P1 dan P2 ini merupakan salah satu fungsi komando yang harus dilaksanakan untuk menentukan tingkat kesiapan prajurit baik perorangan maupun kelompok dalam menggunakan peralatan dan persenjataan masing-masing bagian maupun beregu guna mengukur tingkat kesiapsiagaan, profesi, serta kesiapan operasional satuan khususnya Pangkalan TNI AL.

Adapun materi yang diujikan dalam kegiatan Uji Terampil Glagaspur Tingkat Pangkalan ini meliputi giat P1 yakni Peraturan Militer Dasar (Permildas), Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas, Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Peraturan Dinas Garnizun (PDG). Selain itu, juga dilaksanakan Uji Keterampilan Perorangan (Bongkar Pasang Senjata, Menembak, dan Renang Militer), dan Uji Keterampilan Kebaharian (Uji Tulis, Semaphore, Peluit, Tali Temali).
Sedangkan giat P2 meliputi Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Peran Kebakaran (PEK), Pengendalian Huru Hara (PHH), dan Evakuasi Medis.

(Pen Lanal Sabang)