KLM Jaya Mulia Sakti Terbakar, Kapal Patroli Lebang Pos TNI AL Bengkalis dan Babinpotmar Tanjung Buton Bantu Evakuasi dan Pengamanan

Spread the love

TNI AL, Dumai,- Kapal Patroli Lebang Pos TNI AL Bengkalis dan Babinpotmar Tanjung Buton melaksanakan evakuasi dan pengamanan terhadap KLM Jaya Mulia Sakti yang terbakar di Perairan Sungai Apit, Teluk Mesiid, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau pada koordinat 1°336,081″N 102°7’51,285 E, Sabtu (22/07/2023).

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Kariady Bangun, melalui PgS. Danposal Bengkalis Letda Laut (E) Nur Johan mengatakan setelah memperoleh informasi tersebut menggerakan unsur Posal Bengkalis Pat Lebang dan Pos Babinpotmar Tanjung Buton Serka Bah Januarifki untuk melaksanakan evakuasi dan pengamanan terhadap KLM Jaya Mulia Sakti dan mengamankan area kejadian kapal yang akan melintas.

Diketahui KLM Jaya Mulia Sakti GT 132 yang dinakhodai oleh M. Yunis dan 4 orang ABK berlayar dari Pelabuhan Selatpanjang Kabupaten Meranti tujuan Pekanbaru dengan membawa muatan Sembako dan barang bangunan. Penyebab kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek atau korsleting pada genset kapal.

“Adapun kerugian yang diakibatkan kebakaran adalah 1 unit Kapal KLM Jaya Mulia Sakti beserta muatan hangus terbakar. Sedangkan untuk Nakhoda dan seluruh ABK dapat diselamatkan.

Tim SAR Gabungan terdiri dari Unsur Posal Bengkalis Pat Lebang dan Pos Babinpotmar Tanjung Buton, PMK Kabupaten Siak ,Polres Polairud Siak dan masyarakat sekitar.

(Pen Lanal Dumai)