Danlantamal XII Hadiri Penandatanganan Berita Acara Indeks Desa Membangun Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2023

Spread the love

TNI AL, Lantamal XII,- Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Laksamana Pertama TNI Agoeng MKS., menghadiri acara Penandatanganan Berita Acara IDM (Indeks Desa Membangun) Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2023, bertempat di Aula Garuda Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (4/7/2023).

Pelaksanaan acara Penandatanganan Berita Acara IDM Tingkat Provinsi Kalbar tersebut dalam rangka Pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun Provinsi Kalimantan Barat yang nantinya akan mengacu pada perencanaan desa yang lebih jelas, terukur, dan terintervensi.

Penghargaan yang diberikan oleh Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., kepada kabupaten tercepat dalam penyelesaian pemutakhiran IDM tahun 2023 dan atas prestasi pengentasan desa sangat tertinggal dan desa tertinggal di wilayah Kalbar.

Dalam sambutannya, Gubernur Kalbar menyampaikan beberapa slide capaian strategi Pemprov Kalbar untuk percepatan pembangunan desa dengan Desa Mandiri menjadi indikator utama program IDM Kalbar tahun 2022-2023.

“Tidak begitu sulit untuk membangun Desa Mandiri dalam arti kemampuan pendapatan hasil desa misalnya dalam bidang perkebunan. Bumdes harus bisa menyiapkan konsumsi kebutuhan masyarakat. Bumdes yang sudah maju dapat menyalurkan bantuan pemerintah bagi masyarakat yang tidak mampu dan banyak lagi program pemerintah yang dilaksanakan Bumdes, khususnya desa-desa yang berada di perbatasan,” tambah Gubernur Kalbar.

Tujuannya adalah menuju desa maju dan mandiri dengan saling berkomitmen untuk pembangunan yang berkelanjutan, saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan desa dalam mensejahterakan masyarakat sehingga dapat memperkuat gerak proses dan pencapaian tujuan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

(Dispen Lantamal XII)