Aster Kasad : TMMD Bukan Domain TNI Saja Melainkan Program Bersama Komponen Bangsa

Spread the love

JAKARTA, tniad.mil.id – Program TMMD bukan domain TNI semata, melainkan program bersama. Ajang bersatu padunya komponen bangsa yang terkoordinir dan dilaksanakan secara gotong-royong dan bahu membahu, demi terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan terdukungnya aspek pertahanan darat.

Demikian disampaikan Asisten Teritorial (Aster) Kasad yang juga merupakan Pati Bidang Perencanaan Penanggung Jawab Operasi (PJO) TMMD, Mayjen TNI Mochammad Hasan, dalam sambutannya kala memimpin Rapat Koordinasi Teknis TNI Manunggal Membangun Desa (Rakornis TMMD) ke -117 yang digelar di Aula A.H. Nasution Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Selasa (4/7/2023).

Aster Kasad juga menyampaikan bahwa TMMD ke-117 akan digelar di 50 Kodim yang tersebar di 15 Kodam seluruh Indonesia. Sementara Rakornis TMMD ini menjadi forum komunikasi dan koordinasi secara langsung antara Kodim dengan staf PJO TMMD, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), maupun Pemerintah Daerah, sehingga diharapkan TMMD dapat berjalan baik dan lancar, sesuai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan.

Lebih lanjut Aster Kasad mengatakan bahwa sesuai dengan tema yang diangkat, yaitu “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”, TMMD merupakan operasi bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu bersama komponen bangsa dan masyarakat, yang dilakukan sebagai upaya mendukung percepatan pembangunan. Khususnya di wilayah atau daerah Tertinggal, Terisolir dan Terluar (3T), daerah kumuh perkotaan, daerah perbatasan, serta daerah yang terdampak bencana alam.

Senada dengan itu, Kasubdit Fasilitasi Lembaga Kemasyarakatan dan Adat Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, Dra. Lisbetty H. Tambunan, M.Si. yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa, program TMMD dapat membantu Pemda Kabupaten/Kota dalam melakukan percepatan pembangunan, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik maupun non fisik, disamping memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Selain memaparkan rencana pelaksanaan TMMD ke-117, dalam Rakornis ini juga dilakukan evaluasi pelaksanaan TMMD ke-116, serta pemberian penghargaan kepada para pemenang Lomba Karya Jurnalistik (LKJ) TMMD ke-116, yang diikuti oleh 50 Dandim selaku Dansatgas TMMD, serta para insan media.

Pemenang LKJ TMMD ke-116 Kategori Dansatgas untuk Produk Media Elektronik, juara pertama diraih Dandim 1503/Tual, juara kedua diraih Dandim 1002/HST, dan juara ketiga diraih Dandim 1616/Gianyar. Sedangkan pada Kategori Dansatgas untuk Produk Media Online/Cetak, juara pertama diraih Dandim 1417/Kendari, disusul di posisi kedua Dandim 0316/Batam, dan Dandim 1402/Polman di peringkat ketiga.

Untuk Kategori Wartawan Media Elektronik, juara pertama diraih Suhardian (Inews Banjarmasin) wilayah Kodim 1004/Kota Baru, juara kedua diraih Syamsul Alam Suriadzin (Kompas TV) wilayah Kodim 1002/HST, dan juara ketiga diraih Mardans Whaisman (TVRI Kaltim) wilayah Kodim 0912/Kutai Barat. Terakhir, Kategori Wartawan Media Online/Cetak, juara pertama diraih Sefnat P. Besie (InewsTTU.id) wilayah Kodim 1618/TTU, juara kedua diraih Tri Suryaningrum (HU.Duta Masyarakat) wilayah Kodim 0810/Nganjuk, dan juara ketiga diraih Muhammad Amri Makkaruba (Radar Sulbar) wilayah Kodim 1402/Polman. *(Dispenad)*