DANLANTAMAL III JAKARTA BERIKAN PENGARAHAN KEPADA CATAR AAL

Spread the love

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. selaku Ketua Panitia Daerah (Panda) Lantamal III Jakarta didampingi Asisten Personel (Aspers) Danlantamal III Jakarta Kolonel Laut (S) Agung Widodo selaku Sekretaris Panda Lantamal III Jakarta memberikan pengarahan sebelum pengumuman kelulusan calon Taruna (Catar) AAL tahun 2023 bertempat di lapangan sepak Mako Lantamal III Jakarta Jl. Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Selasa (27/06/2023).

Danlantamal III Jakarta dalam pengarahannya kepada para Catar AAL sebelum pengumuman kelulusan mengatakan “Kalian persiapkan kembali seluruhnya mulai dari fisik, mental dan kejuangan. Tidak ada jaminan seratus persen para Catar AAL diloloskan semuanya, ada keterbatasan seat atau kursi. Yang selama ini sudah cukup baik maka tingkatkan supaya lebih baik lagi karena di atasnya baik ada yang sangat baik nilainya. Contohnya saya sudah bisa lari 2.500 meter sudah bagus dan sudah lulus tetapi banyak teman-teman kalian yang larinya 2.700 meter dan 2.800 meter. Di situlah yang dikatakan dicari yang terbaik dari yang baik. Jadi jangan pernah bangga dan jangan pernah puas kalian dengan hasil yang sudah kalian dapatkan”.

Selanjutnya Danlantamal III memberikan penekanan dan penegasan “Nanti kalian akan bersaing dan lebih berat lagi karena kalian akan bersaing dengan Catar AAL seluruh Indonesia. Kalau kalian bisa mengalahkan nilainya dari Panda-Panda yang lain maka semoga kalian bisa masuk semuanya. Tetapi kalau kalian tidak bisa memberikan dan menampilkan yang terbaik pada seleksi tingkat pusat sudah pasti kalian akan gagal, meskipun misalnya seat kita 100 bisa jadi yang diterima tidak 100 tetapi bisa 80 saja. Kalian yang kalah bersaing diseleksi tingkat pusat pasti kalian gagal dan akan pulang. Sekali lagi ini bukan tes yang terakhir, masih ada tahapan-tahapan berikutnya maka kalian berikan yang terbaik. Kalian siapkan fisik, mental dan semuanya”.

Sebelum mengakhiri pengarahannya Danlantamal III Jakarta memberikan motivasi kepada para Catar AAL yang belum berhasil “Kalian yang belum berhasil harus introspeksi diri, latih lagi, dan kalian perbaiki apa yang menjadi kekurangan selama pelaksanaan tes kalau kalian ingin mengulang untuk mendaftar kembali. Ini bukan akhir dari segala-galanya, masih panjang perjalanan hidup kalian. Dan barangkali TNI bukan segala-galanya, masih banyak sektor-sektor lain yang mungkin lebih siap menerima kalian sesuai dengan kemampuan dan bidang kalian masing-masing yang selama ini mungkin terpendam. Bisa jadi kemampuan kalian bukan di TNI tetapi di bidang-bidang yang lain, maka teruslah bersemangat untuk menghadapi masa depan kalian”.

Dari 219 Catar AAL pria yang dinyatakan lulus sebanyak 77 orang dan dinyatakan tidak lulus sebanyak 142 orang. Sementara itu dari 25 Catar AAL wanita yang dinyatakan lulus 9 orang dan dinyatakan tidak lulus sebanyak 16 orang. Jumlah Catar AAL saat ini yang dinyatakan lulus sebanyak 86 orang terdiri dari Catar AAL pria sebanyak 77 orang dan Catar AAL wanita sebanyak 9 orang.

(Dispen Lantamal III Jakarta)