LANTAMAL III JAKARTA HADIRI UPACARA HUT KE-496 KOTA JAKARTA

Spread the love

 

TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. diwakili Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Lantamal III Jakarta Kolonel Laut (S) Hendry Wahyudi, S.E., M.M, menghadiri upacara Hari Ulang Tahun ke-496 Kota Jakarta bertempat di lapangan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (22/6/2023).

Dalam sambutanya Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan “Sejarah Jakarta berawal dari pelabuhan yang turut menjadi pusat perniagaan Portugis kala itu diserang oleh Pangeran Fatahillah pada tanggal 22 Juni 1527 dan berhasil mengusir Portugis dari daratan Sunda Kelapa. Sejak itu, Pangeran Fatahillah mengganti nama Sunda Kalapa menjadi Jayakarta yang mempunyai arti kemenangan yang penghabisan atau kemenangan yang sepenuhnya atau juga kemenangan yang sempurna, dan tanggal penyerangan tersebut hingga kini diperingati sebagai HUT Kota Jakarta”.

Hari ini merupakan peringatan HUT ke-496 Kota Jakarta yang telah berdiri sejak tahun 1527 silam. Pemprov DKI Jakarta mengusung tema “Jadi Karya untuk Nusantara”, tema ini diambil sebagai amplifikasi slogan “Sukses Jakarta untuk Indonesia”. Bermakna akan kesiapan Jakarta untuk mengoptimalisasi seluruh sumber daya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, serta pemantik kemajuan bagi daerah lain di Indonesia.

Sejatinya penetapan tanggal ulang tahun Jakarta baru diresmikan sekitar tahun 1956 berdasarkan Surat Keputusan Dewan Perwakilan Kota Sementara Djakarta Raja Nomor 6/d/k/1956 oleh Wali Kota Jakarta Sudiro yang mengemban jabatan tersebut pada periode tahun 1953-1960.

(Dispen Lantamal III Jakarta)