Prajurit dan PNS Lanal Lhokseumawe Laksanakan Upacara Hari Lahir Pancasila

Spread the love

TNI AL, Lhokseumawe,- Pangkalan TNI AL Lhokseumawe melaksanakan upacara dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila dengan diikuti seluruh personel Lanal Lhokseumawe di Lapangan Apel Markas Komando Pangkalan TNI AL Lhokseumawe, Desa Palo Igeuh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Kamis (01/06/2023).

Komandan Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Andi Susanto selaku Irup membacakan amanat Panglima TNI  bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Sebagai generasi penerus bangsa kita harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan.

Disamping itu juga tema peringatan hari lahir Pancasila kali ini juga sangat relevan dengan tantangan dan situasi yang sedang dihadapi oleh segenap Bangsa Indonesia yakni “Gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.” Tema ini merupakan pengingat bagi kita semua betapa pentingnya semangat gotong royong untuk memajukan bangsa.

“Pada kesempatan yang baik ini saya ingin berpesan kepada para prajurit sekalian untuk selalu menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila, TNI adalah garda terdepan dan benteng terakhir NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Selain itu, toleransi dan gotong royong harus dipertahankan, maka keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika. Jaga terus sinergitas TNI dengan Polri, Kementerian, serta Lembaga lainnya,” tuturnya.

Upacara dapat berjalan dengan hikmad dihadiri para Perwira, Bintara, Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil Lanal Lhokseumawe yang tersusun dalam pasukan upacara sebagai Inspektur upacara (Irup) Komandan Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Andi Susanto, Komandan Upacara (Danup) Ka. Akun Lanal Lhokseumawe Kapten Laut (S) Tomi Budisetyadi, Perwira Upacara (Paup) Paur Silta Letda Laut (S) M. Riduan.

(Pen Lanal Lhokseumawe)