Pangkoarmada RI Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Mako Koarmada RI.

Spread the love

TNI AL, Koarmada RI, Panglima Komando Koarmada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto selaku Inspektur memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Arafuru Markas Komando (Mako) Koarmada RI. Jakarta Pusat, Kamis (1/6).

Pada pelaksanaanya, Inspektur Upacara Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto membacakan Sambutan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, yang mengatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara serta landasan bagi ideologi bangsa Indonesia, setiap nilai luhur yang terkandung di dalamnya telah menjadi dasar hidup bernegara sejak konsep Pancasila diperkenalkan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945. Setelah melalui proses diskusi yang mendalam para founding fathers selanjutnya menyetujui Pancasila sebagai dasar negara yang sah, serta dicantumkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Peringatan hari lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.

Panglima TNI juga menambahkan bahwa kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat.

Upacara yang dipimpin oleh Komandan Upacara Pasops Denma Mako Koarmada RI Letkol Marinir Wira DS Lumban Gaol ini, dihadiri oleh Pejabat Utama, Kasatker dan seluruh Prajurit baik Perwira, Bintara dan Tamtama, serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Mako Koarmada RI.

Demikian berita Dinas Penerangan Koarmada RI.