Satgas Operasi Trisila Koarmada RI Tiba di Lanal Balikpapan.

Spread the love

TNI Al- Koarmada RI, Satuan Tugas (Satgas) Operasi Trisila Ke-23 Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI) telah tiba di Pangkalan TNI AL (Lanal) Balikpapan, yang kedatangannya disambut oleh Komandan Lanal Balikpapan Kolonel (P) Rasyid Al Hafis didampingi oleh para Perwira Lanal dan Jalasenastri Cabang 3 Korcab XIII di Dermaga Semayang, Balikpapan. Minggu (21/5).

Selama berada di Balikpapan, telah dilaksanakan kegiatan Open Ships di KRI Untung Suropati-372 dan KRI Singa-651, yang juga dihadiri pemuda-pemudi Saka Bahari, putra-putri maritim, para penari Dayak, siswa-siswi SMA dan SMAN serta Marching Band SMK Balikpapan.

Operasi Trisila Koarmada RI Tahun 2023, saat ini telah memasuki hari Ke-45 dari 52 hari rencana operasi yang dilaksanakan, dalam pelaksanaannya TNI Angkatan Laut melalui Koarmada RI menggelar Operasi Trisila Koarmada RI dilaksanakan oleh Koarmada I, II dan III. Sebanyak tiga unsur yang tergabung dalam Satgas Operasi Trisila dengan Komandan Satgas Kolonel Laut (P) Dofir. Ketiga Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) tersebut yakni KRI Untung Suropati-372, KRI Singa-651 dan KRI Hasan Basri-382.

Operasi Trisila Koarmada RI merupakan operasi TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan oleh Koarmada RI dan jajaran dibawahnya dengan tujuan untuk menunjukkan eksistensinya Koarmada RI, melalui operasi dalam rangka penegakan hukum dan keamanan wilayah perairan yurisdiksi nasional Indonesia

Selama melaksanakan pelayaran di wilayah Yurisdiksi Indonesia, Satgas Trisila Koarmada RI juga menguji kesiapsiagaan unsur-unsur untuk melaksanakan latihan secara terpadu, dan kegiatan ini sesuai dengan perintah harian Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto yakni mewujudkan kesiapsiagaan Armada Republik Indonesia sebagai komponen utama pertahanan negera di laut dalam bentuk Sistem Armada Senjata Armada Terpadu yang berdaya gerak dan berdaya gempur tinggi.

Demikian berita Dispen Koarmada RI