Tim COE Koarmada RI Inspeksi Kesiapan Dua KRI Sebelum Latma di Singapura dan Filipina

Spread the love

TNI AL, Koarmada RI
Jakarta, 27 April 2023,- Tim Contingent Owned Equipment (COE) Inspection Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI) selesai melaksanakan inspeksi kesiapan Alustista TNI Angkatan Laut, dalam hal ini di Kapal Perang RI, KRI I Gusti Ngurah Rai (KRI GNR-332) dan KRI dr Rajiman Wedyodiningrat (KRI RJW-992) selama sepuluh hari (17-27/04), yang tengah sandar di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Penanggungjawab tim inspeksi tersebut, yaitu Irkoarmada RI Laksamana Pertama TNI Arief Muchtarom dengan Ketua Tim Kolonel Laut (P) Horas Wijaya Sinaga beserta 12 personel, telah melaksanakan inspeksi pemerikasaan terhadap KRI GNR-332 yang akan mengikuti Latihan Bersama (Latma) AIME (Asia Pacific Incentives & Meeting Event) 2023 dan IMDEX (International Maritime Defence Expo) Asia 2023 di Singapura serta Latma AMNEX (ASEAN Multilateral Naval Exercise) 2023 di Phillippina. Termasuk pemeriksaan terhadap KRI RJW-992 yang akan mengikuti kegiatan Latma IMDEX Asia 2023 di Singapura.

Pemeriksaan ini dilakukan Koarmada RI ini, sejalan dengan tugas dan fungsi Koarmada RI selaku Kotama Pembinaan yaitu membina kesiapan operasional atas segenap jajaran komandonya yang berkedudukan di bawah jajarannya dan bertanggung jawab kepada Kepala Staf Angkatan Laut. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah pemeriksaan kesiapan operasional dan teknik (Contingent Owned Equipment/COE Inspection) terhadap KRI GNR-332 yang akan melaksanakan.

Hasil pelaksanaan COE Inspection Koarmada RI ini, ditujukan untuk memberi keyakinan kepada pemimpin tentang kesiapan KRI GNR-332 dan KRI RJW-992 baik dari aspek Hardware (Platform, Sewaco dan Sistem Komunikasi), Software (peranti lunak) dan Brainware (kesiapan pengawak). Hasil penilaian Tim COE Inspection Koarmada RI, selanjutnya akan dapat ditentukan tingkat kesiapan kapal yang telah dicapai sebagai ukuran penampilan sebuah KRI yang menggambarkan keterpaduan elemen kesiapan personel, latihan, materiil, perbekalan dan metoda dihadapkan dengan kemampuan untuk melaksanakan tugas.

Demikian Berita Dispen Koarmada RI