TNI AL Sukseskan Kampung Bahari Nusantara, Lanal Lhokseumawe Laksanakan Bhakti Sosial Kesehatan UN

Spread the love

TNI AL, Lhokseumawe,- Lanal Lhokseumawe melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan dalam rangka menyukseskan program Kampung Bahari Nusantara (KBN) TA 2022. Kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan dilaksanakan bertempat di Posyandu Bungong Bankeumang, Dusun Teupin, Desa Lancang Barat, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Rabu (14/12/2022).

Kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan tersebut dilakukan selama 1 (satu) hari dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Dari pantauan, terlihat masyarakat antusias mengikuti kegiatan pengobatan gratis, bahkan mereka rela mengantri panjang untuk mengecek kesehatannya.

Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah, S.E., M.Tr. Hanla., M.M., yang diwakili oleh Palaksa Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (KH) Irfan Hasibuan, S.Sos., M.M., menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mensukseskan Perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dan Program Kerja Dispotmaral dengan tujuan memberdayakan warga pesisir agar potensi daerahnya dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga masyarakat dapat merasakan kesejahteraan khususnya di bidang kesehatan. Serta sesuai dengan amanah tugas TNI AL yang tercantum dalam UU No. 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 9 ayat e yaitu Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) Maka dalam rangka menyukseskan kegiatan Kampung Bahari Nusantara Lanal Lhokseumawe melaksanakan Bhakti sosial kesehatan dengan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pesisir dengan tema “Kampung Bahari Nusantara TNI AL Untuk Mewujudkan Kejayaan Maritim Demi Kedaulatan NKRI” yang bermakna TNI AL siap membangun masyarakat pesisir dalam mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim Dunia.

Ada 5 (lima) Kluster yang menjadi fokus Lanal Lhokseumawe untuk membangun keberadaan KBN yaitu, kluster edukasi, ekonomi, kesehatan, periwisata dan pertahanan. Sesuai dengan tugas pokok TNI AL guna mempersiapkan percepatan dan mengoptimalkan pengembangan potensi maritim, diharapkan pembangunan KBN ini dapat membentuk masyarakat menjadi produktif, sehat dan mandiri sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan dalam kegiatan Klester Kesehatan ini, Lanal Lhokseumawe melalui Balai Pengobatan Lanal Lhokseumawe menerjunkan 5 (lima) personil Tenaga Medis yang dipimpin oleh Kepala Balai Pengobatan Lanal Lhokseumawe Letda Laut (K) dr. Racha Suhendra juga selaku koordinator,
dan juga didukung dokter Spesialis dari IDI Aceh Utara dr. M. Ifani SR, Sp.B., serta dari Puskesmas Dewantara melaksanakan kegiatan Penyuluhan Kesehatan dan pengobatan umum bagi masyarakat Dusun Teupin Desa Lancang Barat Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara.

Turut hadir dalam kegiatan Bhakti Sosial tersebut, Paspotmar Lanal Lhokseumawe Mayor Laut (KH) Fahrizal, Pasops Lanal LHokseumawe Kapten Laut (P) Bambang Priambodo, para Perwira Staf Jajaran Lanal Lhokseumawe, Babinpotmar Lanal Lhokseumawe, dan dihadiri juga oleh Geucik Lancang Barat Iskandar Muda Yusuf, Ketua KNPI Dewantara Saiful Nizar, S.Pi., serta Ketua IPSM Dewantara Yusuf Rusli.

(Pen Lanal Lhokseumawe)