Danlantamal I Tinjau Kesiapan Kampung Bahari Nusantara (KBN) 2 di Desa Bagan Kuala Serdang Bedagai

Spread the love

TNI AL, Belawan,- Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo melakukan peninjauan Kampung Bahari Nusantara (KBN) 2 di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Rabu (14/12/2022).

Kegiatan peninjauan ini juga dilaksanakan Live Vicon pada beberapa titik secara serentak seluruh Indonesia yang dipusatkan di Lanal Kendari yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan ditinjau langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yang diwakili oleh Wakasal Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M.

Dalam kegiatan ini, Lantamal I Belawan membangun Kampung Bahari Nusantara di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Serdang Bedagai yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan kehidupan. Komandan Lantamal I mengatakan ada beberapa aspek yang menjadi perhatian di Kampung Bahari Nusantara, yaitu terkait dengan kesehatan, pendidikan, ekonomi, pariwisata, dan pertahanan.

Kegiatan tersebut sudah dimulai sejak Maret 2022, DanlantamaI I berharap, dapat bekerja sama dengan semua pihak agar kegiatan itu berjalan dengan baik. “Seluruh rangkaian kegiatan itu tentunya harus ada nilai tambah baik dari segi ekonomi, pariwisata, maupun pertahanan dan yang tidak kalah penting bagi sektor pendidikan maupun kesehatan,” katanya.

Kampung Bahari Nusantara merupakan program TNI AL. Program ini sudah dilaksanakan diseluruh wilayah oleh Para Komandan Pangkalan, baik Lantamal maupun Lanal, diseluruh jajaran.

Disela-sela kegiatan tersebut diatas dilaksanakan juga bantuan bahan kontak berupa sembako kepada masyarakat sekitar sejumlah 350 paket.

Pada kesempatan ini, Camat Tanjung Beringin juga memberi apresiasi tinggi kepada Danlantamal I Belawan untuk dukungannya terhadap optimalisasi pemanfaatan potensi yang ada di Serdang Bedagai.

Kawasan pantai di Desa Bagan Kuala ini dulunya hanya jadi tempat warga yang ingin memancing atau cari ikan saja. Berkat program Kampung Bahari Nusantara yang diinisiasi oleh TNI Angkatan Laut lewat Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan, Desa Bagan Kuala mengalami perubahan positif yang drastis.

Kegiatan ini selaras dengan perintah Bapak Kasal untuk menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja Nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos., Pejabat Utama Danlantamal I, Kadis/Kasatker Lantamal I dan Prajurit Lantamal I Belawan.

(Dispen Lantamal I)