TNI AL, Lanal Lhokseumawe Melepas Peserta Pelayaran dan Perkemahan Saka Bahari Sailing Camp Ke Pulau Damar Kepulauan Seribu

Spread the love

TNI AL, Lanal Lhokseumawe,-
Bertempat di Mako Lanal Lhokseumawe, Jalan Raya PT. KKA, KM 2, Kelurahan Paloh Igeuh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Komandan Lanal Lhokseumawe Kolonel Marinir Dian Suryansyah, S.E., M.Tr.Hanla., M.M., yang diwakili oleh Palaksa Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (KH) Irfan Hasibuan, S.Sos., M.M., dan didampingi Paspotmar Mayor Laut (KH) Fahrizal melepas 3 (tiga) peserta Kontingen Pramuka Saka Bahari binaan Lanal Lhokseumawe untuk melaksanakan Program Sailing Camp TA. 2022, Rabu (07/12/2022).

Peserta Kontingen Saka Bahari Binaan Lanal Lhokseumawe yang teridiri dari 2 (dua) putra atas nama Robi Maulana dan Rusdi Maulana dengan 1 (satu) Pembina Serda Bah Ahmad Alwani, yang akan mengikuti Pelayaran dan Perkemahan Bhakti Saka Bahari Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh TNI AL pada tanggal 9 hingga 11 Desember 2022 di Pulau Damar Kepulauan Seribu Jakarta.

Komandan Lanal Lhokseumawe menyampaikan bahwa kegiatan ini menindaklanjuti perintah Pangkoarmada I/II/III kepada jajarannya baik Lantamal dan semua Lanal agar mendukung kegiatan tersebut dan mengirimkan perwakilan personil Pramuka Saka Bahari dari wilayah kerja masing-masing.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya dari Pimpinan TNI AL dalam rangka meningkatkan pembinaan generasi muda yang cinta bahari, dan merupakan salah satu program dari Dispotmaral.

Adapun agenda yang dilaksanakan dalam kegiatan pelayaran dan Perkemahan Bhakti Saka Bahari TA. 2022 adalah pembekalan materi dan wawasan kebangsaan, bahaya narkoba, miras, sosialisasi profil TNI AL, materi tentang kesehatan HIV/AIDS dan berbagai materi terkait Kebaharian.

“Sebagai generasi muda harus memiliki semangat dan menjaga nama baik dalam setiap mengikuti kegiatan serta selalu memperlihatkan jiwa bahari selama mengikuti kegiatan,” ujar Danlanal Lhokseumawe.

Sehubungan dengan kegiatan tersebut, Komandan Lanal Lhokseumawe berpesan kepada anggota Pramuka Saka Bahari Binaan Lanal Lhokseumawe supaya mengenal lebih dekat dunia kemaritiman dan membangun ajang silaturahmi antar anggota Pramuka Saka Bahari, serta menyebarkan rasa kecintaan kebaharian dikalangan masyarakat,” lanjutnya.

Selain itu, diharapkan juga bisa membangkitkan persatuan dan kesatuan di kalangan pemuda dalam kerangka NKRI, melalui proses pembinaan pada generasi muda Saka Bahari.
“Saka Bahari sebagai wadah pembinaan keterampilan dan pengembangan wawasan bidang maritim yang selalu meningkatkan kemampuan dan kecakapan, sehingga dapat mewujudkan Sakabahari yang terampil dan cakap dibidangnya,” Khususnya di wilayah-wilayah pesisir sehingga dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia yang mumpuni bagi masyarakat yang luas.

Dalam acara kegiatan Pelepasan peserta Pelayaran dan Perkemahan Pramuka Saka Bahari Sailing Camp TA. 2022 turut hadir, Pasintel Mayor Marinir Darmo Sugiono, Pasops Kapten Laut (P) Bambang Priambodo dan Para Perwira Staf Jajaran Lanal Lhokseumawe.

(Pen Lanal Lhokseumawe)