Komandan Koopskasel Koarmada RI Terima Kunjungan Tim Komite Kebijakan Industri Pertahanan

Spread the love

Komandan Komando Operasi Kapal Selam (Dankoopskasel) Koarmada RI Laksma TNI Indra Agus Wijaya, S.H., didampingi pejabat utama Koopskasel menerima kunjungan tim Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP) yang dipimpin langsung Kabid Alih Teknologi KKIP Dr. Ir. Yono Reksoprodjo di ruang kerja Dankoopskasel, Ujung Surabaya, Selasa (6/12/2022).

Adapun pejabat utama Koopskasel yang turut mendampingi Dankoopskasel antara lain Dirrena Kolonel Laut (E) Dani Hotler, S.T., M.Tr. Opsla., Dirops Kolonel Laut (P) Ahmad Nur Taufiq, M.Tr. Hanla, Dirlog Kolonel Laut (E) Oman Sukirman, M.T., sedangkan Kabid Alih Teknologi KKIP didampingi oleh Laksda TNI (Purn) Mulyadi, Kolonel Laut (T) Doddy, Bapak Sena dan Bapak Devin.

Dalam kesempatan tersebut Dankoopskasel Laksma TNI Indra Agus Wijaya, S.H., menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kabid Alih Teknologi KKIP beserta rombongan di Koopskasel Koarmada RI. Demikian juga Kabid Alih Teknologi KKIP mewakili tim KKIP menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan yang diberikan Dankoopskasel dan pejabat utama atas kunjungan tersebut.

Pada pertemuan tersebut dilaksanakan diskusi dan pembahasan mengenai pengembangan industri kapal selam dalam negeri tipe 209 dengan melibatkan PT. Pal Indonesia karena perusahaan tersebut sebelumnya telah memproduksi kapal selam tipe 209 yang merupakan kapal selam pertama produksi dalam negeri.

Lebih lanjut Dr. Ir. Yono Reksoprodjo menyampaikan sesuai Undang-Undang RI Nomor 16 Tahun 2012 tentang industri pertahanan, KKIP memiliki visi mencapai kemandirian pemenuhan kebutuhan alat peralatan pertahanan dan keamanan, yang didukung oleh industri pertahanan yang maju dan SDM yang unggul, mengingat industri pertahanan nasional merupakan bagian terpadu dari perencanaan strategis pengelolaan sumber daya nasional untuk kepentingan pertahanan dan keamanan negara.

Sementara Dankoopskasel menyambut baik atas pengembangan industri kapal selam tersebut hal ini akan meningkatkan daya gempur, kepercayaan diri, dan performa dalam pelaksanaan tugas-tugas TNI AL ke depan.

(Dispen Koarmada RI)