TNI AL Peringati Hari Armada RI dan Peresmian Mako Lanal Bintan

Spread the love

TNI AL, Bintan,- Bertempat di Mako Lanal Bintan, Palaksa Lanal Bintan Letkol Laut (P) Fery Anton S., M.Tr. Opsla., beserta Prajurit Perwira, Bintara dan Tamtama Lanal Bintan mengikuti kegiatan pelaksanaan Upacara Hari Armada RI Tahun 2022 dan Peresmian Gedung Mako Armada I dan Jajaran yang turut relokasi secara Video Confrence (Vicon) yang dipimpin oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., yang terpusat di Mako Koarmada I Tanjungpinang, Senin (05/12/2022).

Dalam Amanat Kasal yang dibacakan oleh Wakasal mengatakan “Pada hari yang istimewa ini, dengan rasa bangga saya kembali berdiri dihadapan para prajurit Kesatria Perkasa di Tengah Samudera, para pengawal Armada Republik Indonesia. Hari ini kita torehkan sejarah, untuk pertama kali Hari Armada kita peringati secara terpusat di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau di tanah para pahlawan Bahari Sultan Mahmud Riayat Syah dan Raja Haji Fisabilillah membangun dan mengarahkan armada laut yang tangguh mengusir penjajah dari Bumi Pertiwi.

Situasi dunia dan kawasan yang bergerak sangat dinamis mengharuskan TNI Angkatan Laut untuk terus membangun dan menata kekuatan, agar dapat merespon setiap ancaman terhadap kedaulatan negara dan keamanan laut nusantara secara cepat, tepat dan efektif penataan organisasi perlu dilakukan baik melalui validasi organisasi maupun relokasi satuan, dengan prinsip keterpaduan efektivitas kodal serta penyebaran distribusi kekuatan.”

Tema Hari Arnada RI Tahun 2022 “Komando Armada Siap Mengawal Samudra Nusantara Untuk Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Peringatan Hari Armada tahun ini merupakan momentum bagi segenap jajaran TNI Angkatan Laut khususnya Armada RI, untuk merefleksikan diri serta melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas dan hasil yang dicapai. Selain itu, momen ini juga kita maknai sebagai wujud rasa syukur atas segala petunjuk, tuntunan dan perlindungan Sang Pencipta, sehingga Armada RI dapat senantiasa memenuhi kewajibannya sebagai Garda Terdepan Laut Nusantara.

Turut hadir dalam vidcon Pasminlog Lanal Bintan Mayor Laut (T) Agung Wijayanto, A.Md., Dansatma Lanal Bintan Kapten Laut (PM) Wahyu Imam Pamuji, S.H., Dankal Nipah Lettu Laut (P) Widiyanadi, Kaset Lanal Bintan Lettu Laut (T) Eko Puji Santoso, Dankal Seraya Letda Laut (P) Florencio Do Rego, Danposal Nipa Letda Laut (K) Ringga Aldafio, S.Farm., beserta Prajurit Bintara dan Tamtama.

(Pen Lanal Bintan)