Wadan Lantamal XII Ikuti Acara Penempatan Papan Prasasti Situs Perjuangan Pangsuma, Sekaligus Napak Tilas di Suak 13 Dusun Nek Bindang

Spread the love

TNI AL, Lantamal XII,- Wakil Komandan Lantamal XII Kolonel Marinir Budiarso., S.E., mewakili Danlantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si.(Han)., mengikuti acara Penempatan Papan Prasasti Situs Perjuangan Pangsuma dan Napak Tilas di Suak 13 Dusun Nek Bindang Kabupaten Sanggau dalam rangka mengenang Sejarah Perjuangan Pahlawan Pangsuma melawan Penjajahan Bangsa Jepang, Jumat (02/12/2022).

Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si., menyampaikan, “Kegiatan ini adalah penandaan situs-situs perjuangan Pangsuma dengan rencana besar validasi organisasi TNI Angkatan Laut menggunakan nama Pangsuma. Riwayat Pangsuma merupakan anak ketiga dari enam bersaudara, selain itu Pangsuma sendiri memiliki nama asli Bendera bin Dulung, namun ada pula yang menyebutnya Menera,” jelas Wakil Bupati Sanggau.

“Perlu diketahui bahwa sosok Pangsuma yang mampu melawan penjajahan Jepang dengan kapal-kapal yang sudah modern pada saat itu dan dengan senjata seadanya mampu mempertahankan harga diri negara, mampu melawan Angkatan Laut Jepang, dan inilah yang menjadikan salah satu alasan TNI Angkatan Laut menggunakan nama Pangsuma sebagai salah satu nama pahlawan lokal Kalimantan Barat yang nanti akan menjadi nama Komando Daerah Maritim atau Kodamar,” kata Wakil Bupati Sangau.

Komandan Lantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Suharto, S.H., M.Si. (Han)., dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Komandan Lantamal XII Kolonel Marinir Budiarso, S.E., menyampaikan, “Kegiatan penandaan situs-situs ini merupakan bentuk apresiasi atas perjuangan Pangsuma dan pasukannya dalam menghadapi penjajahan Jepang untuk merebut kemerdekaan. Dengan adanya kegiatan penamaan dan penempatan prasasti ini kedepannya kita bisa melaksanakan napak tilas untuk mengenang perjuangan Pangsuma dan pasukannya, disamping itu kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan edukasi dan kecintaan terhadap para pahlawan kepada generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa” kata Wadan membacakan amanat Danlantamal XII.

Sementara itu, pada sesi wawancara Wadan Lantamal XII Kolonel Marinir Budiarso, S.E., dengan Diskominfo Kabupaten Sanggau, menyampaikan “Sesuai petunjuk pimpinan TNI AL, dalam rangka validasi organisasi ditubuh TNI Angkatan Laut, guna mencari nama sosok Pahlawan Laut yang ada di wilayah Kalimantan Barat ini, dari beberapa sumber yang terpercaya, kita sudah mendapat nama Pangsuma. Kita sudah buktikan pada hari ini kita melaksanakan Napak Tilas dimana tempat-tempat dari perjuangan Pangsuma memang benar-benar ada, dan Insya Allah nama Pangsuma, kita usulkan menjadi nama Kodamar VI Pangsuma, sesuai dengan apa yang kita inginkan bersama agar nama Kodamar yang berada di Kalimantan Barat mengambil dari nama Pahlawan Laut, pahlawan yang berjuang di laut dari di Kalimantan Barat,” ucap Kolonel Budiarso.

“Sosok dari Pangsuma merupakan sosok yang tepat dan bisa kita buktikan dimana perjuangannya dan tadi kita sudah melaksanakan napak tilas dan dapat dari berbagai macam sumber dan informasi yang kita wawancarai dan memang Pangsuma, bisa kita jadikan sebagai Pahlawan Laut,” lanjutnya.

Diakhir wawancara Wakil Komandan Lantamal XII Kolonel Marinir Budiarso, S.E., juga menyampaikan, “Bagi masyarakat Dayak para penerus perjuangan Pangsuma khususnya generasi muda pembela NKRI silahkan bergabung dengan mendaftarkan diri di TNI Angkatan Laut dalam hal ini Lantamal XII Pontianak dan itu akan menjadi priotas utama dari daerah-daerah yang nantinya akan ditugaskan di kesatuan masing-masing daerahnya,” pungkas Kolonel Budiarso.

Kegiatan napak tilas ini, selaras dengan salah satu perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yaitu “Jaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.”

Hadir pada kegiatan ini, Wakil Bupati Sanggau, Wadan Lantamal XII, GM Antam, Sekjen MADN, Anggota DPR Provinsi/DPR Kabupaten, F-PKPI, F-Golkar, F-PDIP DPRD Provinsi Kalbar, F-PKPI DPRD Provinsi Kalbar, Ketua DAD Provinsi Kalbar, Tokoh Adat Dayak Kabupaten Sanggau dan Provinsi Kalbar, Asrena, Aspers, Aspotmar Danlantamal XII.

(Dispen Lantamal XII)