Peduli Kebersihan Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat, Lanal Sabang Gelar Bakti Sosial Kesehatan dan Bersih Pantai di KBN Balohan

Spread the love

TNI AL, Sabang,- Dalam rangka menyambut peringatan HUT Hari Armada RI Tahun 2022, Pangkalan TNI AL Sabang menggelar kegiatan Bakti Sosial Kesehatan dan Bersih Pantai di Kampung Bahari Nusantara (KBN) Balohan, Jurong Ulee Krueng, Gampong Balohan, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Rabu (30/11/2022).

Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ali Setiandy, M.Tr (Han)., M.M., menyampaikan bahwa kegiatan Bakti Sosial Kesehatan dan Bersih Pantai ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian HUT Armada RI Tahun 2022 yang didalamnya merupakan sebuah penghayatan akan perjalanan panjang dari sejarah pengabdian dari TNI AL kepada Negara dan Bangsa.

“Pemilihan tempat pelaksanaan bakti sosial ini karena Desa Balohan akan dijadikan sebagai Kampung Bahari Nusantara sehingga kedepannya Lanal Sabang akan membuat program-program desa binaan yang sekiranya dapat memberikan manfaat nyata terhadap warga Balohan, berupa pembangunan Rumah Pintar yang didalamnya terdapat perpustakaan dan komputer yang dilengkapi fasilitas WiFi yang dapat digunakan sebagai sarana edukasi bagi warga balohan dan sekitarnya, rehab lapangan voli, pengadaan bak sampah, dan pembuatan MCK (WC Umum).

Sementara itu, Sambutan PJ. Walikota Sabang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Faisal, S.T., M.TP., mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Sabang mengucapkan syukur Alhamdulillah dan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan yang sangat mulia ini, penghargaan yang tulus kami sampaikan kepada Pangkalan TNI AL Sabang. Kegiatan bakti sosial ini kami pandang sebagai wujud dan peningkatan kedekatan batin dan ikatan silaturahmi antara TNI AL dengan masyarakat dan sebagai bentuk dari kepedulian kita terhadap kondisi kesehatan dan kebersihan di lingkungan masyarakat, terutama masyarakat Kota Sabang. Semoga melalui kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan ini akan menimbulkan kepedulian kita terhadap masyarakat kurang mampu sehingga akan timbul kesadaran dari semua pihak untuk bersama-sama lebih meningkatkan kepedulian untuk saling bantu membantu.

Diharapkan kegiatan positif dan bermanfaat semacam ini bisa terus dilaksanakan setiap tahunnya, bukan hanya oleh TNI AL saja.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bingkisan berupa sembako secara simbolis kepada perwakilan masyarakat Balohan dan peninjauan kegiatan bakti sosial kesehatan, serta ditutup dengan ramah tamah makan bersama dengan masyarakat Balohan makanan khas Aceh yakni Kuah Beulangong.

Kegiatan ini selaras dengan program prioritas dan kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yakni “Cepat tanggap terhadap permasalahan dan kesulitan rakyat, serta dimanapun TNI AL berada harus memberi manfaat kepada rakyat”.

Hadir dalam kegiatan, Pj. Walikota Sabang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Faisal, S.T., M.TP., Komandan Lanal Sabang Kolonel Laut (P) Ali Setiandy, M.Tr (Han)., M.M., Kafasharkan Sabang Kolonel Laut (T) Teguh Sukrisno, S.T., M.T., Dandim 0112 Sabang Letkol Inf Ahmad Sobirin, Danlanud MUS diwakili Kadisops Mayor Lek Setya Agus, S.T., Kapolres Sabang AKBP Muhammadun, S.H., Dansatrad 233 Sabang diwakili Letda Lek Arifin Dwi, Palaksa Lanal Sabang Letkol Laut (T) Muhammad Akbar, S.T.,
Danlanudal Sabang Mayor Laut (P) Nasrulloh M.Tr. Opsla., Karumkital J.Lilipory Sabang Mayor Laut (K) dr. Widodo Rahayu, Pasminlog Lanal Sabang, Mayor Laut (T) M. Sumihar Sirait, S.T.,
Dandenpomal Lanal Sabang Mayor Laut (PM) Deni Ikbal, A.Md., Paspotmar Lanal Sabang Kapten Laut (K) dr. Eko Tjandra Aprilianto, Pasintel Lanal Sabang Kapten Laut (E) Punto Pundowo, Danposal Satrad Sukakarya Kapten Laut (P) Wahidi MD, A.Md., Para Perwira Staf, Lanal Sabang, Fasharkan Sabang, dan Lanudal Sabang, Kepala Pengadilan Negeri Sabang diwakili Waka Maimunsyah, S.H., M.H., Kadisnav Sabang diwakili Kasi Logistik Walad, S.H.,
Forkopimda Kota Sabang,
Personil Bintara dan Tamtama TNI AL, TNI AD, dan TNI AU Kota Sabang, Ketua Cabang 3 Korcab I DJA I, Ketua Cabang 5 Korcab I DJA I, Ketua Cabang 8 Puspenerbal.

(Pen Lanal Sabang)