Lantamal I dan Jajarannya Menerima Sosialisasi Reformasi Birokrasi

Spread the love

TNI AL, Lantamal I, 24 November 2022,– Bertempat di Gedung Yos Sudarso Mako Lantamal I, dilaksanakan Sosialisasi Reformasi Birokrasi dari Markas Besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut yang diwakili oleh Paban I Ren Sopsal Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., beserta Tim Sosialisasi, Kamis (24/11/2022).

Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo menyampaikan dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos., menyampaikan, Reformasi Birokrasi merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem dan metode penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat, dan profesional.

Pembangunan Zona Integritas (ZI) seluruh instansi pemerintahan merupakan bagian dari tuntutan Reformasi Birokrasi guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Kegiatan Sosialisasi Pembangunan Zona Integeritas dan Pelatihan Reformasi Birokrasi TNI AL Bidang Tata Laksana Tahun 2022 ini dimaksudkan untuk memberikan dorongan dalam pembangunan Zona Integritas dan pemantapan Reformasi Birokrasi serta evaluasi sesuai bidang masing-masing pada satker jajaran Lantamal I agar dapat meraih predikat sebagai Satker ZI menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) atau Wilayah Birokrasi dan Bersih Melayani (WBBM). Kegiatan yang diselenggarakan ini guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai Reformasi Birokrasi.

Senada dengan itu, Asops Kasal Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han) menyampaikan dalam amanatnya yang dibacakan oleh Paban I Ren Sopsal Kolonel Laut(P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai upaya pimpinan untuk memberikan wawasan, pemahaman, dan pelatihan kepada personel pengawak dalam hal ini para prajurit Lantamal I dan jajarannya dalam melaksanakan pembangunan Zona Integritas untuk meraih predikat menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Reformasi Birokrasi merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketata-laksanaan (business process), sumber daya manusia aparatur dan pelayanan publik dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance).

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 63 personel baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS dari Lantamal I dan jajarannya.

Kegiatan tersebut sebelumnya diawali dengan Paban I Ren Sopsal Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., beserta Tim Sosialisasi melaksanakan CC (Courtesy Call) ke Danlantamal I yang diadakan di VIP Room Gedung Disharkan mako Lantamal I.

Kegiatan ini selaras dengan perintah harian Kasal yaitu “Bangun sumber daya manusia yang unggul dan profesional, serta tangguh menghadapi segala ancaman”.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos., beserta Pejabat Utama Danlantamal I, Para Kadis dan Kasatker Lantamal I, Tim Sosialisasi, serta peserta latihan Lantamal I dan jajaran.

(Dispen Lantamal I)